Presiden Putin dan Raisi Sepakat Akar Masalah Iran Serang Israel terkait Isu Palestina

Presiden Putin dan Raisi Sepakat Akar Masalah Iran Serang Israel terkait Isu Palestina

Terkini | inews | Selasa, 16 April 2024 - 21:21
share

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin menilai akar konflik di Timur Tengah, termasuk ketegangan antara Iran dengan Israel, adalah belum selesainya masalah Palestina. Dia mendesak semua pihak di Timur Tengah untuk menahan diri dari segala tindakan yang bisa memicu konfrontasi baru.

Menurut Putin, perang Israel dan Iran akan membawa konsekuensi bencana yang besar tak hanya di Timur Tengah, tapi juga di kawasan lain.

Putin berbicara dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi melalui sambungan telepon, Selasa (16/4/2024), membahas serangan ke Israel dan dampaknya.

Istana Kremlin menyatakan, dalam percakapan tersebut kedua pemimpin sepakat akar penyebab peristiwa terkini di Timur Tengah adalah konflik Palestina-Israel yang belum terselesaikan.

Vladimir Putin menyampaikan harapannya bahwa semua pihak bisa mengendalikan diri secara wajar dan mencegah konfrontasi babak baru yang penuh dengan konsekuensi bencana bagi seluruh kawasan, demikian pernyataan Kremlin, dikutip dari Reuters.

Presiden Raisi, kata Kremlin, menegaskan kepada Putin bahwa serangan Iran ke Israel bersifat terpaksa dan terbatas.

Pada saat yang sama, dia menegaskan Iran tak tertarik dengan ekskalasi ketegangan lebih lanjut, bunyi pernyataan.

Kedua pemimpin juga menegaskan prinsip mereka yakni mendukung gencatan senjata segera di Jalur Gaza, meringankan situasi kemanusiaan, dan menciptakan kondisi untuk penyelesaian krisis secara politik dan diplomatik.

Topik Menarik