5 Kultum tentang Malam Lailatul Qadar, Singkat dan Membakar Semangat di Malam-malam Terakhir Ramadhan

5 Kultum tentang Malam Lailatul Qadar, Singkat dan Membakar Semangat di Malam-malam Terakhir Ramadhan

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 17:52
share

JAKARTA, iNews.id - Inilah 5 kultum tentang malam Lailatul Qadar yang bisa Anda jadikan referensi. Diketahui, pada bulan suci Ramadhan terdapat satu malam yang istimewa. Yakni malam Lailatul Qadar yang memiliki keutamaan lebih baik dari 1.000 bulan.

Biasanya, pada malam-malam terakhir terdapat kultum yang dibacakan baik pengantar buka puasa atau pada jeda sholat tarawih.

Berikut ini 5 kultum tentang malam Lailatul Qadar yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber:

5 Contoh Kultum Menjelang Lailatul Qadar: Menyambut Malam Penuh Berkah

Kultum 1: Keutamaan Lailatul Qadar

"Para hadirin yang dimuliakan Allah, malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh berkah dan keistimewaan. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Qadar ayat 1-3, 'Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam Lailatul Qadar. Tahukah kamu apa itu malam Lailatul Qadar? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan.'"

"Nabi Muhammad SAW bersabda, 'Barangsiapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosanya yang telah lalu.' Malam ini adalah malam yang sangat istimewa dan tidak boleh dilewatkan begitu saja."

Keutamaan Lailatul Qadar:

  • Lebih mulia dari seribu bulan.
  • Malam diturunkannya Al-Quran.
  • Malam ampunan dosa-dosa.
  • Malam ditetapkannya takdir manusia.

"Satu malam Lailatul Qadar sama dengan beribadah selama 83 tahun 4 bulan. Di malam ini, Allah SWT menurunkan rahmat dan ampunan-Nya secara berlimpah. Bayangkan, betapa beruntungnya kita jika mendapatkan malam ini!"

Penutup:

"Marilah kita bersyukur atas keutamaan Lailatul Qadar. Mari kita manfaatkan bulan Ramadhan dan sepuluh malam terakhirnya untuk meningkatkan ibadah. Semoga Allah SWT memudahkan kita dalam meraih malam Lailatul Qadar."

Kultum 2: Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

"Para hadirin yang dimuliakan Allah, meskipun tanggal pasti Lailatul Qadar tidak diketahui, Nabi Muhammad SAW telah memberikan beberapa tanda-tandanya. Di antaranya, malam terasa tenang dan damai, langit cerah dan berbintang, dan hewan-hewan terdiam."

"Namun, yang terpenting adalah kesungguhan kita dalam beribadah dan memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam menemukan malam Lailatul Qadar. Mari kita berdoa dengan khusyuk dan memohon kepada Allah SWT agar dipertemukan dengan malam Lailatul Qadar."

Tanda-tanda Lailatul Qadar:

  • Malam terasa tenang dan damai.
  • Langit cerah dan berbintang.
  • Hewan-hewan terdiam.
  • Hati terasa tenang dan tenteram.
  • Mimpi terasa baik.
  • Besok paginya matahari bersinar lembut tidak terik.

Penutup:

"Janganlah kita terpaku pada tanda-tanda Lailatul Qadar, karena yang terpenting adalah kesungguhan dalam beribadah. Marilah kita meningkatkan ibadah di sepuluh malam terakhir Ramadhan dan memohon kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam menemukan malam Lailatul Qadar."

Kultum 3: Mempersiapkan Diri Menyambut Lailatul Qadar


"Para hadirin yang dimuliakan Allah, ada banyak amalan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menyambut Lailatul Qadar. Di antaranya, memperbanyak shalat malam (tahajud), membaca Al-Quran, berdoa dan berdzikir, memperbanyak sedekah, dan memperbanyak istighfar."

"Marilah kita persiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Semoga Allah SWT memudahkan kita dalam meraih malam penuh berkah ini."

Amalan untuk mempersiapkan diri:

Penutup:

"Dengan mempersiapkan diri dengan baik, insya Allah kita akan mendapatkan

Kultum 4: Doa yang Dianjurkan pada Lailatul Qadar

"Para hadirin yang dimuliakan Allah, pada malam Lailatul Qadar, dianjurkan untuk memperbanyak doa dan memohon kepada Allah SWT. Salah satu doa yang dianjurkan adalah: 'Allahumma innaka 'affuwwun, tuhibbul-'afwa, fa'fu 'anni (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai ampunan, maka ampunilah aku).'"

"Doa ini memiliki keutamaan yang sangat besar. Nabi Muhammad SAW bersabda, 'Barangsiapa yang membaca doa ini pada malam Lailatul Qadar, maka diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.'"

Penutup:

"Marilah kita memperbanyak doa dan memohon kepada Allah SWT pada malam Lailatul Qadar. Semoga Allah SWT mengabulkan doa-doa kita dan mengampuni dosa-dosa kita."

Kultum 5: Menjaga Keistiqamahan Setelah Lailatul Qadar

"Para hadirin yang dimuliakan Allah, setelah mendapatkan malam Lailatul Qadar, janganlah kita berhenti untuk meningkatkan ibadah. Marilah kita jaga keistiqamahan dalam beribadah dan teruslah berbuat baik."

"Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa, namun bukan berarti kita hanya beribadah pada malam itu saja. Marilah kita jadikan malam Lailatul Qadar sebagai motivasi untuk meningkatkan ibadah kita di sepanjang tahun."

Penutup:

"Semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan untuk menjaga keistiqamahan dalam beribadah dan menjadi hamba-hamba-Nya yang selalu beriman dan bertaqwa."

Demikianlah 5 kultum tentang malam Lailatul Qadar sngkat yang dapat Anda jadikan referensi. Semangat untuk meraih kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Topik Menarik