Yuk Berwisata ke Sumenep, Rasakan Keseruan Bermain Permainan Tradisional

Yuk Berwisata ke Sumenep, Rasakan Keseruan Bermain Permainan Tradisional

Gaya Hidup | surabaya.inews.id | Senin, 29 April 2024 - 08:40
share

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Wisatawan yang berkunjung ke Sumenep bisa menikmati keseruan bermain gobak sodor, engklek atau dakon dan permain tradisional lainnya.

Mereka akan merasakan kembali nostalgia masa kecil di Festival Permainan Tradisional yang akan diadakan di Kantor Koordinator Pendidikan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur dari tanggal 9 hingga 19 Mei 2024.

Acara bertajuk "Back to Childhood" ini merupakan bagian dari Sumenep Calendar of Event 2024.

Festival ini mengajak para wisatawan untuk kembali ke masa kanak-kanak dan merasakan keseruan bermain permainan tradisional bersama teman-teman.

Ada lima permainan tradisional yang dilombakan. Kelima lomba tersebut dibagi tiga fase, A,B dan C.

Lomba gobak sodor dan bola bekel kategori fase C. Kemudian, fase B ada lomba engklek dan kelereng. Sedangkan fase A, ada Dakon.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, acara festival permainan tradisional itu bagaian dari Sumenep Calendar of Event 2024 ini mengusung tema Back To Childhood.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat bisa mengenalkan permainan tradisoonal kepada anak-anak mereka.

Sehingga, permainan tradisional yang sudah mengakar dan jadi bagaian dari budaya masyarakat itu akan terjaga dan bisa dilestarikan.

Kegiatan ini akan diselenggarakan setiap tahun sehingga generasi mendatang bisa tetap mengingat permainan tradisional yang menjadi budaya masyarakat kita, katanya, Minggu (28/4/2024).

Cak Fauzi mengatakan, para peserta festival tersebut merupakan siswa/siswi MI, SD sederajat berdomisili Sumenep, menyertakan foto copy akta kelahiran, foto copy raport semester ganjil, setiap lembaga mengirim peserta 2 orang maksimal kecuali gobak sodor yang membutuhkan 1 tim (4 orang). Membayar biaya pendaftaran Rp10 ribu.

Kejuaraan, juara 1 mendapatkan piala, piagam plus uang pembinaan. Begitu juga dengan juara 2 dan 3, tambahnya.

Ketua DPC PDIP Sumenep itu mengajak masyarakat untuk berbondong-bondong data ke Sumenep, guna menikmati permainan tradisional yang diselenggarakan di event tersebut.

Selain itu, masyarakat dan wisatawan lokal maupun dari luar daerah juga bisa menikmati keindahan pemandangan di ujung timur pulau Madura itu.

Ayo ke Sumenep, saksikan festival permainan tradisional sekaligus menikmati keindahan wisata kota keris ini, pungkasnya.

Topik Menarik