Pencarian Korban Longsor Bandung Barat Dihantui Cuaca Buruk, BNPB Akan Gelar TMC

Pencarian Korban Longsor Bandung Barat Dihantui Cuaca Buruk, BNPB Akan Gelar TMC

Terkini | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 15:09
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menggelar operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk menangani kejadian bencana longsor di Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar). Bukan tanpa alasan, pencarian sempat dihentikan akibat cuaca buruk.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, data terkini terdapat 11 orang korban hilang akibat longsor yakni 10 orang di Desa Cipongkor dan seorang lagi di Kecamatan Rongga. Dari 11 orang tersebut, 4 korban telah ditemukan di Desa Cipongkor.

Ada beberapa prioritas yang akan dilakukan dalam fase tanggap darurat ini, upaya pencarian korban di Cipongkor untuk pencarian 6 korban hilang ini kemarin sempat dihentikan karena cuaca tidak memungkinkan, ujar Aam sapaan Abdul Muhari saat Disaster News Update, Kamis (28/3/2024).

Bahkan Kepala BNPB sewaktu bermaksud untuk meninjau langsung ke lokasi longsor itu juga tidak disarankan karena kondisi tanah longsoran masih basah dan cuaca hujan.

"Kondisi ini sangat membahayakan jika tim pencari masih melakukan operasi pencarian dengan cuaca yang demikian, katanya.

Sebab itu, Aam mengatakan sesuai instruksi Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto akan digelar operasi TMC.

Itu sudah diputuskan kemarin oleh Kepala BNPB, untuk mendukung upaya pencarian ini bisa optimal dan efektif, akan dilakukan operasi teknologi modifikasi cuaca untuk mengurangi intensitas hujan, khususnya di daerah Bandung Barat, ucapnya.

Topik Menarik