Menebak Era Baru Kekuasaan Presiden yang Memulai Jabatan Anyar

Menebak Era Baru Kekuasaan Presiden yang Memulai Jabatan Anyar

Global | sindonews | Minggu, 5 Mei 2024 - 19:19
share

Hanya dalam waktu beberapa bulan sebelum seperempat abad kepemimpinannya diRusia, Vladimir Putin pada hari Selasa akan mendapatkan salinan konstitusi dan memulai masa jabatan enam tahun berikutnya sebagai presiden dengan kekuasaan yang luar biasa.

Sejak menjadi penjabat presiden pada hari terakhir tahun 1999, Putin telah membentuk Rusia menjadi sebuah negara yang monolit – menghancurkan oposisi politik, mengusir jurnalis yang berpikiran independen ke luar negeri, dan mendorong peningkatan pengabdian pada “nilai-nilai tradisional” yang bijaksana sehingga mendorong banyak orang di masyarakat untuk ikut serta dalam politik. margin.

Pengaruhnya begitu dominan sehingga pejabat-pejabat lain hanya bisa berdiam diri ketika ia melancarkan perang di Ukraina meskipun ada perkiraan bahwa invasi tersebut akan menimbulkan kecaman internasional dan sanksi ekonomi yang keras, serta merugikan Rusia dengan mengorbankan darah tentaranya.

Dengan tingkat kekuasaan sebesar itu, apa yang akan dilakukan Putin pada masa jabatan berikutnya merupakan pertanyaan yang menakutkan baik di dalam maupun luar negeri.

Menebak Era Baru Kekuasaan Presiden yang Memulai Jabatan Anyar

1. Menjanjikan Kemenangan dalam Perang Melawan Rusia

Foto/AP

Perang di Ukraina, di mana Rusia memperoleh kemajuan secara bertahap namun konsisten di medan perang, merupakan kekhawatiran utama, dan Rusia tidak menunjukkan indikasi akan mengubah arah.

“Perang di Ukraina adalah inti dari proyek politiknya saat ini, dan saya tidak melihat adanya indikasi bahwa hal itu akan berubah. Dan hal itu berdampak pada hal lainnya,” kata Brian Taylor, profesor di Universitas Syracuse dan penulis “The Code of Putinism,” dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press.

“Hal ini mempengaruhi siapa yang memegang posisi apa, mempengaruhi sumber daya yang tersedia dan mempengaruhi perekonomian, mempengaruhi tingkat penindasan secara internal,” katanya.

Dalam pidato kenegaraannya pada bulan Februari, Putin berjanji untuk memenuhi tujuan Moskow di Ukraina, dan melakukan apa pun untuk “mempertahankan kedaulatan dan keamanan warga negara kami.” Dia mengklaim militer Rusia telah “memperoleh pengalaman tempur yang luas” dan “dengan tegas memegang inisiatif dan melancarkan serangan di sejumlah sektor.”

2. Menggunakan Segala Cara untuk Melawan NATO

Foto/AP

Hal ini akan memerlukan biaya yang sangat besar, yang dapat menghabiskan uang yang tersedia untuk proyek-proyek dalam negeri yang luas dan reformasi di bidang pendidikan, kesejahteraan dan pemberantasan kemiskinan yang Putin gunakan dalam pidato dua jamnya untuk menjelaskan secara rinci.

Taylor menyarankan agar proyek-proyek semacam itu disertakan di alamat tersebut untuk menunjukkan dan menunjukkan niat nyata untuk melaksanakannya.

Putin “memikirkan dirinya sendiri dalam konteks sejarah besar tanah Rusia, membawa Ukraina kembali ke tempatnya semula, ide-ide semacam itu. Dan menurut saya program-program tersebut mengalahkan program-program yang bersifat sosio-ekonomi,” kata Taylor.

Jika perang berakhir dengan kekalahan total bagi kedua belah pihak, dan Rusia tetap mempertahankan sebagian wilayah yang telah direbutnya, negara-negara Eropa khawatir bahwa Putin akan terdorong untuk melakukan petualangan militer lebih lanjut di Baltik atau di Polandia.

Baca Juga: Bagaimana Operasi Rahasia Putin Membunuh Musuh-musuhnya di Luar Negeri?

3. Menarget Wilayah Lain Selain Ukraina

Foto/AP

“Ada kemungkinan bahwa Putin memang mempunyai ambisi besar dan akan mencoba mengikuti kesuksesan yang memakan banyak biaya di Ukraina dengan melakukan serangan baru di tempat lain,” tulis profesor hubungan internasional Harvard Stephen Walt dalam jurnal Foreign Policy. “Tetapi sangat mungkin bahwa ambisinya tidak melampaui apa yang telah dimenangkan oleh Rusia – dengan biaya yang sangat besar dan bahwa ia tidak memiliki kebutuhan atau keinginan untuk bertaruh lebih banyak lagi.”

Namun, Walt menambahkan, “Rusia tidak akan mampu melancarkan perang agresi baru ketika perang di Ukraina akhirnya berakhir.”

Kekhawatiran rasional seperti itu mungkin tidak akan terjadi, kata yang lain. Maksim Samorukov, dari Carnegie Russia Eurasia Center, mengatakan bahwa “didorong oleh keinginan dan khayalan Putin, Moskow kemungkinan besar akan melakukan kesalahan yang merugikan dirinya sendiri.”Dalam komentarnya di Foreign Affairs, Samorukov menyatakan bahwa usia Putin dapat memengaruhi penilaiannya.

“Pada usia 71… kesadarannya akan kematiannya pasti mempengaruhi pengambilan keputusannya. Rasa terbatasnya waktu yang ia miliki tidak diragukan lagi berkontribusi pada keputusannya yang menentukan untuk menginvasi Ukraina.”

4. Mengandalkan Personalisasi yang Kuat

Foto/AP

Secara keseluruhan, Putin mungkin memasuki masa jabatan barunya dengan cengkeraman kekuasaan yang lebih lemah dibandingkan yang terlihat.

“Kerentanan Rusia tersembunyi di depan mata. Kini, lebih dari sebelumnya, Kremlin mengambil keputusan dengan cara yang dipersonalisasi dan sewenang-wenang, bahkan tanpa kendali dasar,” tulis Samorukov.

“Elit politik Rusia semakin patuh dalam melaksanakan perintah Putin dan semakin patuh pada pandangan dunianya yang paranoid,” tulisnya. Rezim ini “berada dalam risiko kehancuran permanen dalam semalam, seperti yang dialami pendahulunya di Uni Soviet tiga dekade lalu.”

Putin pasti akan melanjutkan permusuhannya terhadap Barat, yang ia katakan dalam pidato kenegaraannya “ingin melakukan hal yang sama terhadap Rusia seperti yang mereka lakukan di banyak wilayah lain di dunia, termasuk Ukraina: untuk membawa perselisihan ke dalam negara kita. rumah, untuk melemahkannya dari dalam.”

Perlawanan Putin terhadap Barat tidak hanya menunjukkan kemarahan atas dukungannya terhadap Ukraina, namun juga dalam apa yang dilihatnya sebagai melemahnya moral Rusia.

5. Membangun Identitas Rusia yang Tradisional

Foto/AP

Rusia tahun lalu melarang “gerakan” LGBTQ+ dengan menyatakannya sebagai gerakan ekstremis dalam apa yang menurut para pejabat merupakan perjuangan untuk nilai-nilai tradisional seperti yang dianut oleh Gereja Ortodoks Rusia dalam menghadapi pengaruh Barat. Pengadilan juga melarang transisi gender.

“Saya berharap peran Gereja Ortodoks Rusia akan terus terlihat,” kata Taylor, Dia juga mencatat ledakan kemarahan media sosial setelah pesta yang diselenggarakan oleh presenter TV Anastasia Ivleeva di mana para tamu diundang untuk tampil “hampir telanjang”.

“Aktor-aktor lain dalam sistem memahami bahwa hal itu selaras dengan Putin. … Ada orang yang tertarik untuk mengeksploitasi hal-hal seperti itu,” katanya.

Meskipun oposisi dan media independen hampir lenyap akibat tindakan represif Putin, masih ada potensi tindakan lebih lanjut untuk mengendalikan ruang informasi Rusia, termasuk melanjutkan upayanya untuk membangun “internet yang berdaulat.”

Peresmian tersebut dilakukan dua hari sebelum Hari Kemenangan, hari libur sekuler paling penting di Rusia, memperingati penaklukan Berlin oleh Tentara Merah Soviet pada Perang Dunia II dan kesulitan besar dalam perang tersebut, yang menyebabkan Uni Soviet kehilangan sekitar 20 juta orang.

Kekalahan Nazi Jerman merupakan bagian integral dari identitas Rusia modern dan pembenaran Putin terhadap perang di Ukraina sebagai perjuangan yang sebanding.

Topik Menarik