Banjir Bandang Melanda Oman, 18 Orang Tewas dan 2 Hilang

Banjir Bandang Melanda Oman, 18 Orang Tewas dan 2 Hilang

Global | okezone | Rabu, 17 April 2024 - 11:09
share

OMAN Badai melanda Uni Emirat Arab (UEA) , Bahrain dan wilayah Qatar setelah melewati Oman , menyebabkan banjir mematikan dan menyebabkan puluhan orang terdampar.

Otoritas darurat mengatakan kepada Kantor Berita resmi Oman, jenazah seorang anak ditemukan pada Selasa (16/4/2024), sehingga jumlah korban tewas menjadi 18 orang dan dua orang hilang.

Sembilan anak sekolah dan tiga orang dewasa tewas ketika kendaraan mereka tersapu banjir bandang.

Bahrain juga dilanda hujan lebat dan banjir setelah dihantam guntur dan kilat semalaman.

Beberapa wilayah pedalaman UEA mencatat curah hujan lebih dari 80 milimeter (3,2 inci) selama 24 jam hingga pukul 08.00, mendekati rata-rata tahunan sekitar 100 mm.

Dewan cuaca mendesak warga untuk mengambil semua tindakan pencegahan dan menjauh dari daerah banjir dan penumpukan air dalam sebuah postingan di X, sebelumnya Twitter.

Baik pemerintah UEA maupun Oman sebelumnya telah memperingatkan bahwa perubahan iklim kemungkinan besar akan menyebabkan lebih banyak banjir. Peristiwa cuaca individual seringkali sulit dikaitkan dengan perubahan iklim, namun para ilmuwan mengatakan bahwa hal ini meningkatkan kemungkinan dan kekuatan peristiwa cuaca ekstrem.

Hujan deras juga membanjiri jalan-jalan, rumah-rumah dan mal-mal bahkan menghentikan operasional bandara Dubai.

Topik Menarik