7 Alasan Israel Ingin Perang Selamanya di Gaza

7 Alasan Israel Ingin Perang Selamanya di Gaza

Global | sindonews | Kamis, 25 April 2024 - 19:50
share

Setelah enam bulan melakukan serangan tanpa henti di Gaza, Israel masih belum mendekati kemenangan sejak Oktober tahun lalu.

Masih belum diketahui apakah mereka mempunyai rencana untuk membangun daerah kantong setelah pertempuran, sementara lebih dari 33.000 orang, mayoritas perempuan dan anak-anak, tewas.

Lebih dari 75.000 orang terluka dan sebagian besar penduduk mengungsi.

Sekitar 1,5 juta pengungsi berlindung di kota paling selatan, Rafah, yang masa depannya masih belum pasti karena terus-menerus dibombardir Israel dan ancaman invasi darat.

Sementara itu, Israel, yang mengklaim telah membunuh sekitar 12.000 pejuang di antara puluhan ribu orang yang tewas, menggunakan dugaan kehadiran mereka untuk melanjutkan tindakan mereka.

7 Alasan Israel Ingin Perang Selamanya di Gaza

1. Israel Tidak Memiliki Rencana Masa Depan di Gaza

Foto/AP

Selain serangan ini, apa yang diinginkan Israel di Gaza masih belum jelas, dan tidak ada konsensus Palestina, internasional, atau Israel mengenai siapa yang akan mengelola wilayah tersebut di masa depan.

Melansir Al Jazeera, Pasukan Israel, yang jumlahnya berkurang drastis sejak awal perang – dengan hanya satu brigade yang dilaporkan berada di Gaza selatan – telah berjuang untuk mendapatkan dan mempertahankan kendali atas wilayah yang dipenuhi terowongan bermil-mil yang memungkinkan pejuang Palestina melakukan mobilitas. dan akses.

Daerah seperti Rumah Sakit al-Shifa, yang diserbu untuk kedua kalinya pada pertengahan Maret setelah Israel mengklaim telah menggeledah dan membersihkannya pada bulan November.

Di antara daerah-daerah lain yang diklaim telah “dibersihkan dari teroris”, tentara Israel antara lain telah kembali ke lingkungan Zeitoun di Kota Gaza, kamp pengungsi Shati dan kota Beit Hanoon.

Pejuang Hamas, dibantu oleh jaringan terowongan yang tampaknya masih bisa digunakan, yang menurut seorang pejabat intelijen Barat kepada BBC pada bulan Februari tampaknya hanya berkurang sepertiganya, telah memaksa pasukan Israel melakukan pengejaran mematikan di daerah kantong tersebut.

Jumlah pasukan saat ini sangat kontras dengan 360.000 tentara cadangan yang dimobilisasi untuk melawan serangan pimpinan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, yang menyebabkan 1.139 orang, mayoritas warga sipil, terbunuh dan 250 orang ditawan di Gaza.

2. Membutuhkan Biaya Perang yang Besar

Foto/AP

Untuk kembali ke Gaza dalam jumlah yang diperlukan agar terbukti efektif akan membutuhkan biaya yang besar. Setelah seruan untuk melakukan gelombang pertama ke Gaza, perekonomian Israel menyusut sebesar 7 persen karena perang yang mengakibatkan hilangnya pekerja dari pekerjaan mereka.

Selain itu, kemungkinan terjadinya serangan baru di perbatasan utara Israel dengan kelompok Hizbullah yang bermarkas di Lebanon, yang terus melancarkan baku tembak, masih tetap mungkin terjadi.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mendefinisikan tujuan perang tersebut sebagai mengalahkan Hamas dan membebaskan sisa tawanan Israel yang jumlahnya tidak diketahui.

Sebuah jajak pendapat pada masa perang selama gencatan senjata singkat bulan Desember menunjukkan adanya peningkatan dukungan terhadap Hamas di seluruh Gaza, serta penolakan yang jelas terhadap kandidat pilihan Barat untuk mengelola penyelesaian pasca-perang di Gaza: pemimpin Otoritas Palestina Mahmoud Abbas.

3. Hamas Akan Treus Beperang

Foto/AP

Israel mungkin akan “menghadapi perlawanan bersenjata yang berkepanjangan dari Hamas selama bertahun-tahun yang akan datang, dan militer akan berjuang untuk menetralisir infrastruktur bawah tanah Hamas, yang memungkinkan pemberontak untuk bersembunyi, mendapatkan kembali kekuatan, dan mengejutkan pasukan Israel”, kata AS tentang situasi dalam Ancamannya.

“Saya tidak tahu apakah ini soal dukungan terhadap Hamas, atau soal siapa yang melakukan serangan balik,” kata Baraa Shiban, rekan rekan di Royal United Services Institute, merujuk pada tanggapan warga Palestina terhadap Hamas sebagai kelompok perlawanan dan bukan kelompok politik. kesatuan.

Sementara itu, perumahan dan infrastruktur yang menyelamatkan jiwa di Gaza berada dalam reruntuhan, dan 84 persen kesehatan di Gaza rusak dan fasilitas perawatan rusak atau hancur, dan kekurangan listrik dan air untuk mengoperasikan fasilitas yang masih ada, menurut laporan Bank Dunia awal bulan ini.

4. Pembangunan Ulang Gaza Sangat Mahal

Foto/AP

Menurut laporan yang sama, kerugian yang ditimbulkan di Gaza adalah $18,5 miliar, atau 97 persen dari gabungan produk domestik bruto (PDB) Gaza dan Tepi Barat yang diduduki pada tahun 2022.

“Pembangunan kembali akan memakan biaya miliaran dolar,” kata Boaz Atzili, seorang profesor di American University di Washington, DC, dari Israel selatan.

“Saya tidak merasakan keinginan untuk melakukan hal itu di Israel. Mungkin saja beberapa negara Teluk berkontribusi dalam hal ini, namun mereka ingin melihat semacam penyelesaian politik yang langgeng, meskipun itu hanya pemerintahan teknokratis, agar mereka tidak kembali lagi ke negara ini. ”

5. Israel Ingin Menguasai Gaza

Foto/AP

Tampaknya ada konsensus internasional bahwa Israel akan terlibat dalam satu atau lain cara di masa depan Gaza, setelah serangannya terhadap wilayah kantong yang terkepung itu berakhir.

“Tidak ada rencana nyata untuk Gaza,” kata Baraa Shiban dari Royal United Service Institute (RUSI). “Israel hanya perlu merespons dengan tegas serangan [yang dipimpin Hamas] pada tanggal 7 Oktober dan mempertahankan narasi tersebut, yang sulit dilakukan.

“Secara umum, opini politik di Israel tampaknya terbagi dalam tiga kategori. Pertama, pandangan Netanyahu yang hanya ingin menyingkirkan Hamas dan membebaskan para sandera.

“Kedua, ada pihak yang ingin menduduki dan mengelola Gaza."

“Terakhir, ada kelompok yang ingin memberikan tekanan besar terhadap penduduk Palestina sehingga mereka menyebar ke Sinai [melanggar perbatasan Mesir].”

Beberapa orang di pemerintahan Netanyahu telah mengusulkan “rencana” untuk Gaza “sehari setelahnya”.

6. Menghadirkan Pasukan Internasional di Gaza

Pada bulan Januari, Menteri Pertahanan Yoav Gallant menerbitkan proposal yang tidak jelas untuk membentuk kelompok multinasional pimpinan AS yang mengawasi pemerintahan sipil dari beberapa “tokoh Palestina” – yang kemungkinan besar adalah kepala keluarga berkuasa yang muncul dari kekacauan perang.

Rencana Gallant memicu rencana-rencana yang saling bersaing di dalam kabinet, beberapa di antaranya mengusulkan penyelesaian di Gaza, dan secara bersamaan memperkeruh keadaan, dengan mengatakan hal yang sama mengenai kesatuan politik Israel dan juga masa depan Gaza.

Pada bulan Februari, Netanyahu menerbitkan rencananya sepanjang satu setengah halaman, yang mengusulkan penutupan total perbatasan selatan Gaza dengan Mesir, serta perombakan administrasi sipil dan pendidikan Gaza.

Rencana Netanyahu mendapat kritik keras dari negara-negara lain, termasuk Mesir, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat.

Dalam menghadapi pembantaian yang terjadi di Gaza, meningkatnya bencana kemanusiaan dan kelaparan yang mengancam, hanya sedikit rencana yang sesuai dengan kenyataan yang dihadapi masyarakat Gaza: Sebagian besar dari mereka telah kehilangan orang-orang yang mereka cintai dan menghadapi kemungkinan kelaparan selain kerusakan fisik dan psikologis. perang yang sepertinya tidak akan berhenti.

7. Konflik Selamanya Akan Dimulai

“Meskipun benar bahwa Netanyahu ingin memperluas konflik menjadi perang selamanya,” lanjut Atzili, “juga benar bahwa [pemimpin Hamas] Yahya Sinwar juga akan melakukannya. Tidak ada yang tertarik menghadapi konsekuensi dari tindakan mereka.”

Tidak ada jajak pendapat lanjutan yang dilakukan mengenai dukungan terhadap Hamas karena Gaza mengalami serangkaian serangan Israel berturut-turut yang telah menghancurkan setidaknya 62 persen rumah, setara dengan 290.820 unit rumah, hancur, dan lebih dari satu juta orang kehilangan tempat tinggal, menurut laporan tersebut. Bank Dunia.

Sementara itu, karena tidak ada cara untuk menduduki wilayah tersebut, atau tidak ada tujuan perang yang jelas dan disepakati, Israel tidak punya pilihan selain melanjutkan serangannya ke Gaza, yang harus ditanggung oleh jutaan warga Palestina.

Topik Menarik