Daftar 10 Sekutu Mesir, Negara yang Rencanakan Perang Melawan Israel

Daftar 10 Sekutu Mesir, Negara yang Rencanakan Perang Melawan Israel

Global | sindonews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:26
share

Pensiunan perwira senior Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Eli Dekel, memperingatkan IDF bahwa Mesir telah merencanakan perang melawan Zionis.

Dekel, yang pernah berpangkat letnan kolonel, mengatakan ada peningkatan kekuatan militer tentara Mesir di Sinai sejak 2004, dan terutama sejak 2008. Peringatan tersebut mengejutkan karena kedua negara telah terikat perjanjian damai selama puluhan tahun.

Sejak tahun 2014, tentara Mesir telah memperluas infrastruktur militernya di Sinai secara signifikan, katanya, dalam sebuah artikel yang diterbitkan di situs Nziv .

Pada tahun 2014, setelah masa kerusuhan regional dan penggulingan Ikhwanul Muslimin dari kekuasaan di Mesir pada tahun 2013, pembangunan infrastruktur militer di Sinai dipercepat, dan pada saat yang sama proses pembelian senjata canggih mulai dilakukan, lanjut Dekel. Proses ini membuat tentara Mesir menduduki peringkat ke-12 tentara paling kuat di dunia dan mendorong Israel ke peringkat ke-18 secara global.

Israel menjadi negara kuat karena dukungan yang luar biasa dari sekutu utamanya; Amerika Serikat (AS).

Mesir juga memiliki banyak sekutu di kawasan Arab, meski beberapa di antaranya pernah bersitegang. Aliansi dan kemitraan yang dibangunnya dengan negara-negara lain memiliki dampak yang signifikan pada geopolitik di Timur Tengah dan di seluruh dunia.

10 Negara Sekutu Mesir

1. Arab Saudi

Hubungan Mesir dengan Arab Saudi telah menjadi salah satu pilar utama kestabilan di Timur Tengah. Kedua negara tersebut seringkali bekerja sama dalam berbagai masalah, termasuk kebijakan luar negeri, ekonomi, dan keamanan.

2. Yordania

Kedekatan budaya dan sejarah yang panjang telah memperkuat hubungan antara Mesir dan Yordania. Keduanya sering berbagi kepentingan strategis dan bekerja sama dalam isu-isu regional.

3. Sudan

Perbatasan panjang yang mereka bagikan dan kepentingan bersama dalam pengelolaan sumber daya air telah memperkuat ikatan antara Sudan dan Mesir. Keduanya juga sering bekerja sama dalam diplomasi regional.

4. Uni Emirat Arab (UEA)

UEA telah menjadi mitra ekonomi dan keamanan yang penting bagi Mesir. Kedua negara tersebut sering berkolaborasi dalam proyek-proyek pembangunan dan investasi.

5. Kuwait

Kerja sama dalam hal ekonomi dan keamanan telah mengikat Mesir dan Kuwait. Hubungan ini telah menjadi faktor penting dalam menjaga stabilitas di kawasan Teluk.

6. Qatar

Meskipun pernah mengalami ketegangan, hubungan antara Mesir dan Qatar kini telah membaik. Kedua negara tersebut bekerja sama dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi dan energi.

7. Bahrain

Bahrain dan Mesir memiliki hubungan yang erat dalam bidang militer dan keamanan. Keduanya sering bekerja sama dalam kerangka regional dan internasional.

8. Libya

Mesir telah mendukung pemerintah Libya yang diakui secara internasional dalam konflik di negara tersebut. Kedua negara tersebut memiliki hubungan strategis yang kuat.

9. Yaman

Kedua negara tersebut memiliki kepentingan yang serupa dalam mengatasi krisis di Yaman. Mesir telah memberikan dukungan politik dan militer kepada pemerintah Yaman yang sah.

10. Irak

Meskipun pernah mengalami ketegangan, hubungan antara Mesir dan Irak telah membaik dalam beberapa tahun terakhir. Kedua negara tersebut berbagi kepentingan dalam menjaga stabilitas di Timur Tengah.

Topik Menarik