Gunung Berapi di Islandia Meletus, Status Darurat Diberlakukan

Gunung Berapi di Islandia Meletus, Status Darurat Diberlakukan

Global | sindonews | Minggu, 17 Maret 2024 - 17:57
share

Status darurat telah diumumkan di Islandia selatan karena letusan gunung berapi di Semenanjung Reykjanes yang keempat sejak Desember.

Lava telah mencapai pertahanan timur di sekitar kota kecil Grindavik yang dievakuasi.

Aliran lahar yang kuat dan cepat dimulai pada Sabtu malam (16/3/2024) hingga Minggu (17/3/2024) tetapi pihak berwenang mengatakan aliran lahar tersebut telah berkurang secara signifikan.

Aktivitas di sekitar celah tersebut yang awalnya sepanjang 3 km telah ditiadakan.

Kantor Meteorologi Islandia mengatakan aliran lava masih mengalir pada hari Minggu, namun laju pergerakannya mulai melambat.

Direktur pertahanan sipil Islandia, Vdir Reynisson, mengatakan semua yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan aliran lahar telah dilakukan, dan kekhawatiran terbesar adalah dampaknya terhadap infrastruktur.

"Kolam lava yang berkumpul di dekat pertahanan juga menjadi perhatian," tambah Reynisson dilansir BBC.

Letusan dimulai setelah pukul 20:00 waktu setempat pada hari Sabtu, di utara Grindavik, menurut dinas pertahanan sipil negara tersebut.

Lokasi ini serupa dengan letusan yang terjadi pada 8 Desember lalu.

Rekaman ledakan menunjukkan awan asap dan magma bercahaya mengalir dan menggelembung dari ventilasi bumi.

Ledakan tersebut tidak berdampak pada bandara internasional utama, yang terletak di barat laut Grindavik.

Ahli geofisika Magnus Tumi Gudmundsson, yang termasuk di antara mereka yang terbang di atas daerah yang terkena dampak dengan helikopter, mengatakan kepada media lokal bahwa letusan hari Sabtu adalah yang paling dahsyat sejauh ini.

Dua aliran lava telah bergerak ke barat dan selatan. Media lokal melaporkan bahwa lava dari yang terakhir telah mencapai tembok pertahanan timur Grindavik.

Gudmundsson mengatakan ada kemungkinan lava mengalir ke laut, namun hal ini tidak mungkin terjadi jika aktivitas gunung berapi mereda.

Einar Bessi Gestsson, pakar bencana alam di Badan Meteorologi Norwegia, mengatakan kepada lembaga penyiaran publik Islandia RUV bahwa gas berbahaya dan ledakan kecil dapat terjadi jika lava bersentuhan dengan air laut.

Sementara itu, lava yang bergerak ke barat menuju ke arah Blue Lagoon dan pembangkit listrik tenaga panas bumi yang menyediakan air panas untuk sebagian besar Semenanjung Reykjanes.

Kantor Meteorologi Islandia mengatakan lapisan lava ini "jauh lebih luas" dibandingkan pada bulan Februari, ketika letusan sebelumnya menyebabkan lava mengalir ke arah yang sama.

Banyak tanggul pelindung telah dibangun di sekitar keduanya, kata kepala Pusat Vulkanologi Nordik yang berbasis di Reykjavik, Rikke Pedersen, kepada Reuters.

Ada kekhawatiran kabel serat optik di jalan bisa rusak sehingga menyebabkan terganggunya layanan telepon dan internet.

Blue Lagoon ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut sebagai tindakan pencegahan. Ada antara 500-600 orang di daerah tersebut ketika letusan hari Sabtu terjadi, kata Pedersen.

Antara lima dan 10 rumah di Grindavik juga dibersihkan.

Sekitar 4.000 penduduk kota hanya diizinkan kembali ke rumah mereka

Topik Menarik