Tiongkok Luncurkan Shenzhou-15 Berawak ke Stasiun Luar Angkasa Besok

Tiongkok Luncurkan Shenzhou-15 Berawak ke Stasiun Luar Angkasa Besok

Global | koran-jakarta.com | Senin, 28 November 2022 - 14:12
share

JAKARTA - Tiongkok akan meluncurkan pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-15 pada Selasa (29/11) malam. Misi ini mengirim tiga taikonaut (astronaut Tiongkok) ke orbit stasiun luar angkasa, kata Badan Antariksa Berawak Tiongkok (CMSA) pada konferensi pers, Senin (28/11).

Disiarkan CGTN , Senin (28/11), roket Long March-2F Y14 yang membawa pesawat luar angkasa dijadwalkan meluncur pada pukul 23:08 Waktu Beijing dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut Tiongkok.

Taikonaut Fei Junlong, Deng Qingming, dan Zhang Lu telah dipilih untuk melaksanakan misi luar angkasa Shenzhou-15. Fei memimpin misi ini.Mereka akan tinggal dan bekerja di stasiun luar angkasa selama enam bulan.

Serang Terima Kru Pertama

Misi Shenzhou-15 akan menandai penyerahan awak pertama di stasiun luar angkasa tiga modul yang baru selesai. Misi ini yang terakhir dalam fase konstruksi Stasiun Luar Angkasa Tiongkok.

Pesawat luar angkasa akan melakukan pertemuan otomatis yang cepat dan berlabuh dengan port depan modul inti stasiun luar angkasa Tianhe.

Anggota kru akan disambut oleh tiga taikonaut Shenzhou-14 yang saat ini berada di stasiun luar angkasa.Kedua tim akan tinggal bersama selama sekitar satu minggu, sebelum kru Shenzhou-14 kembali ke Bumi.

Tugas untuk Kru Shenzhou-15

Selama misi enam bulan, anggota kru Shenzhou-15 akan menyelesaikan berbagai tugas.

Pertama, mereka akan memverifikasi kemampuan stasiun luar angkasa mendukung taikonauts yang tinggal dalam jangka panjang.

Kedua, mereka akan membuka, memasang, dan menguji 15 lemari percobaan, dan melakukan lebih dari 40 percobaan ilmiah dan uji teknis di bidang penelitian dan penerapan ilmu antariksa, kedokteran luar angkasa, dan teknologi luar angkasa.

Selain itu, mereka akan melakukan tiga hingga empat kegiatan ekstra kendaraan untuk menyelesaikan tugas termasuk pemasangan pompa ekspansi untuk modul lab Mengtian.

Berkoordinasi dengan tim darat, kru juga akan menyelesaikan enam transfer kargo, memindahkan kargo keluar dari stasiun luar angkasa dari kabin airlock.

Selain itu, mereka akan melakukan pengelolaan harian dan pemeliharaan stasiun luar angkasa bersama dengan latihan dan pelatihan di orbit.

Topik Menarik