Loading...
Loading…
Zelensky Minta Bantuan Kanada Bersihkan Ranjau Milik Rusia di Ukraina

Zelensky Minta Bantuan Kanada Bersihkan Ranjau Milik Rusia di Ukraina

Global | koran-jakarta.com | Kamis, 29 September 2022 - 09:50

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengaku meminta bantuan Kanada untuk memimpin upaya pembersihan ranjau yang dipasang Rusia di negaranya. Ini seiring invasi Rusia di Ukraina yang telah tujuh bulan lamanya.

Dalam pidato lewat video usai berbicara dengan Perdana Menteri Justin Trudeau, Zelensky mengatakan Kanada memiliki teknologi yang tepat dan ambisi kemanusiaan yang sesuai untuk memberikan bantuan.

"Saya mengundang Perdana Menteri Trudeau untuk memimpin upaya global pembersihan ranjau dan roket Rusia di tanah kami. Akibat perang Rusia itu, wilayah Ukraina memiliki konsentrasi ranjau terbesar di dunia," kata Zelensky, dikutip dari Reuters , Kamis (29/9).

"Kita harus melakukan apa yang belum pernah dilakukan sebelumnya, kita harus menciptakan preseden pembersihan ranjau berskala besar dan cepat dan tidak membiarkan masalah itu selama beberapa dekade," tambahnya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Kanada atas "kesiapannya untuk membantu".

Kanada telah memelopori kampanye pelarangan ranjau sejak 1990-an. Negara itu berperan dalam Konvensi Ottawa 1999 yang diteken oleh 133 negara untuk melarang penggunaan senjata itu. Sementara, Amerika Serikat (AS), Rusia, Tiongkok dan India tidak ikut menandatangani konvensi tersebut.

Informasi tentang pembicaraan tersebut dari kantor Trudeau tidak menyinggung soal permintaan Zelensky itu.

Original Source