Loading...
Loading…
Pemerintah Tiongkok Bungkam Soal Kabar Xi Jinping Digulingkan Militer

Pemerintah Tiongkok Bungkam Soal Kabar Xi Jinping Digulingkan Militer

Global | jawapos | Minggu, 25 September 2022 - 13:48

JawaPos.com Kabar miring terkait penggulingan Presiden Xi Jinping oleh militer Tiongkok beredar luas. Namun hingga detik ini, belum ada satupun klarifikasi dari Pemerintah Tiongkok.

Kudeta militer bermula dari media sosial yang muncul pada Sabtu (24/9 dengan spekulasi bahwa Presiden Xi Jinping telah digulingkan dalam kudeta yang mulai berlangsung saat dia pergi ke Samarkand, untuk menghadiri KTT SCO mulai 14 September. Namun, tidak ada laporan yang menguatkan. Outlet berita internasional kredibel mana pun tak ada yang menyatakan sumber yang valid.

Kementerian luar negeri Tiongkok hingga kini masih bungkam. Tidak ada juga laporan tentang masalah ini dari media Tiongkok. Beberapa situs web mengatakan desas-desus itu tidak berdasar dan itu adalah bagian dari konspirasi anti-Xi seperti dilansir dari Times of India, Minggu (25/9).

Rumor ini datang sebelum Partai Komunis Tiongkok Kongres Nasional ke-20 pada 16 Oktober, di mana Xi diperkirakan akan mengamankan kekuasaan untuk masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya selama lima tahun. Awal pekan ini, dua mantan menteri telah dijatuhi hukuman mati karena korupsi sebagai bagian dari tindakan keras Xi terhadap korupsi.

Akan tetapi, mereka digambarkan dalam beberapa laporan sebagai bagian dari faksi politik anti-Xi. Postingan Twitter mengklaim bandara Beijing telah membatalkan 6 ribu penerbangan internasional dan domestik dan penjualan tiket untuk kereta api berkecepatan tinggi dan kereta berkecepatan tinggi telah dihentikan.

Tweet lainnya menjelaskan, PLA kendaraan bergerak menuju Beijing pada 22 September. Beberapa tweet menampilkan gambar dari aplikasi radar penerbangan yang menunjukkan tak adanya aktivitas pesawat di Beijing sementara yang lain membalas dengan gambar radar aplikasi dari aktivitas penerbangan masih normal.

Original Source

Topik Menarik