Loading...
Loading…
Kapal Induk Amerika bakal Berlabuh di Vietnam, Sekutu Barat Menggelar...

Kapal Induk Amerika bakal Berlabuh di Vietnam, Sekutu Barat Menggelar...

Global | wartaekonomi | Rabu, 06 Juli 2022 - 12:00

Kapal induk USS Ronald Reagan akan mengunjungi Vietnam pada paruh kedua Juli, kapal induk AS pertama yang berhenti di pelabuhan di sana dalam lebih dari setahun, kata dua sumber lokal.

Kunjungan terakhir adalah USS Theodore Roosevelt pada Maret 2020 ketika 5.000 awak harus menjalani tes COVID-19 saat mengunjungi Danang.

Supercarrier itu melakukan latihan di Laut Filipina pada akhir pekan setelah meninggalkan Guam akhir Juni. Vietnam kini telah sepenuhnya terbuka untuk pengunjung asing karena pemerintah mengadopsi kebijakan "hidup dengan COVID".

Letnan Cmdr. David Levy di Urusan Publik Armada Pasifik AS menolak mengomentari panggilan pelabuhan yang direncanakan, mengatakan kepada RFA bahwa "sebagai masalah kebijakan, kami tidak membahas operasi di masa depan."

Jika dikonfirmasi, itu akan menjadi kapal induk angkatan laut AS ketiga yang mengunjungi negara itu sejak berakhirnya Perang Vietnam pada tahun 1975.

Kapal induk pertama yang melakukan panggilan pelabuhan di Vietnam adalah USS Carl Vinson, pada Maret 2018. Ada pembicaraan tentang rencana kunjungan USS Abraham Lincoln pada Mei tetapi tidak terwujud. Abraham Lincoln sekarang mengambil bagian dalam latihan angkatan laut Rim of the Pacific (RIMPAC) dua tahunan di dekat Hawaii.

Baca Juga :
ASEAN dan China Berseteru, Dua Kapal Induk AS Unjuk Kekuatan

USS Ronald Reagan (CVN 76), dinamai Presiden AS ke-40, adalah supercarrier bertenaga nuklir kelas Nimitz, homeported di Yokosuka, Jepang.

Itu juga mengalami wabah COVID pada Maret 2020 ketika di Pasifik Barat, mendorong penguncian di Pangkalan Angkatan Laut Yokosuka, rumah Armada ke-7 AS.

Hingga akhir Maret 2020, Angkatan Laut AS melaporkan total 134 personel telah tertular COVID tanpa menyebutkan nama kapal spesifik mereka.

Original Source

Topik Menarik