Para Pemimpin Asean akan Bertemu Biden untuk Perkuat Kemitraan Strategis

Para Pemimpin Asean akan Bertemu Biden untuk Perkuat Kemitraan Strategis

Global | koran-jakarta.com | Selasa, 10 Mei 2022 - 14:16
share

JAKARTA - Asean dan Amerika Serikat (AS) akan menggelar konferensi tingkat tinggi (KTT) di Washington DC pada 12-13 Mei. Pemimpin Asean dan Presiden AS, Joe Biden, akan bertemu untuk membahas cara dan sarana untuk mengintensifkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk respons Covid-19 dan keamanan kesehatan global, perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, kerja sama maritim, pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, dan ikatan people-to-people , serta konektivitas dan keterlibatan ekonomi.

Kementerian Luar Negeri Malaysia menyampaikan KTT ini menjadi platform strategis bagi Asean dan AS untuk meninjau dan mengeksplorasi kerja sama pragmatis untuk memperkuat kemitraan yang ada.

"KTT khusus diharapkan dapat membahas isu-isu seperti isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama, kerja sama ekonomi, Covid-19 dan keamanan kesehatan, perubahan iklim dan energi bersih," ujar Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam keteranganya pada Senin (9/5).

Malaysia juga menyampaikan KTT Khusus Asean-AS diharapkan dapat mengeluarkan pernyataan visi bersama yang akan menggarisbawahi komitmen dan aspirasi untuk meningkatkan kemitraan Asean-AS untuk kepentingan perdamaian abadi, stabilitas, keamanan dan kemakmuran bersama bagi semua.

"Program lain yang disiapkan oleh AS termasuk sesi dengan pimpinan Kongres AS dan beberapa anggota kabinet AS dan para pemimpin bisnis Amerika," tulis Kementerian itu.

Terkait dengan penyelenggaraan KTT ini, Presiden RI, Joko Widodo, telah bertolak ke AS pada Selasa (10/5) pagi.

KTT Asean-AS ini adalah KTT khusus kedua sejak 2016 dan keterlibatan langsung pertama bagi para pemimpin Asean sejak 2017. VoA/I-1

Topik Menarik