AS Angkat Bicara Usai China Siapkan Pelabuhan untuk Kapal Rusia Dalam Transfer Senjata dari Korut

AS Angkat Bicara Usai China Siapkan Pelabuhan untuk Kapal Rusia Dalam Transfer Senjata dari Korut

Global | okezone | Kamis, 25 April 2024 - 19:02
share

UKRAINA – Para pejabat Amerika Serikat (AS) semakin mengeluarkan peringatan keras tentang apa yang mereka katakan sebagai bantuan China atau Tiongkok untuk membangun kembali militer Rusia setelah kemunduran awal dalam perang Ukraina.

Dukungan China tersebut diperkirakan akan menjadi agenda utama minggu ini ketika Menteri Luar Negeri (Menlu) Antony Blinken mengunjungi Beijing.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan pihaknya mengetahui laporan sumber terbuka yang kredibel bahwa Angara saat ini ditambatkan di pelabuhan Tiongkok dan telah menyampaikan masalah ini kepada pihak berwenang Tiongkok.

“Kami menyerukan kepada semua negara anggota untuk memenuhi kewajiban mereka berdasarkan UNSCR 2397,” kata pejabat itu, mengacu pada resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membatasi perdagangan dengan Korea Utara dan mewajibkan negara-negara PBB untuk membatalkan pendaftaran kapal apa pun yang terlibat dalam kegiatan terlarang.

“Ketika Menteri Blinken bertemu dengan rekan-rekannya di RRT minggu ini, dia akan membahas berbagai kekhawatiran, termasuk perang Rusia melawan Ukraina dan hubungan Rusia-DPRK,” kata juru bicara tersebut, merujuk pada Tiongkok dan Korea Utara dengan inisial nama resmi mereka, dikutip Reuters.

Kedutaan Besar Tiongkok di Washington mengatakan pihaknya tidak mengetahui rincian terkait Angara, namun Tiongkok menegaskan selalu menentang sanksi sepihak dan yurisdiksi jangka panjang yang tidak memiliki dasar hukum internasional atau mandat dari Dewan Keamanan.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok juga mengatakan pihaknya tidak memiliki informasi mengenai masalah tersebut.

AS dan puluhan negara lain pada awal tahun ini mengatakan bahwa pengiriman senjata Korea Utara ke Rusia secara terang-terangan melanggar beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB.

Washington telah berulang kali meminta Tiongkok untuk tidak membantu upaya perang Moskow sejak invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, yang terjadi hanya beberapa minggu setelah Rusia dan Tiongkok mendeklarasikan kemitraan tanpa batas.

Topik Menarik