Ini Biodata dan Agama Kim Jong-un

Ini Biodata dan Agama Kim Jong-un

Global | sindonews | Jum'at, 1 April 2022 - 20:40
share

JAKARTA - Biodata dan agama Kim Jong-un selalu menarik perhatian karena kebijkannya yang tegas dan bahkan sebagian dinilai kejam selama memimpin Korea Utara . Kim Jong-un sendiri merupakan pewaris kepemimpinan Korea Utara sepeninggal ayahnya Kim Jong-il pada 2011 lalu.

Sebelum menggantikan ayahnya menjadi pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un adalah sekertaris jenderal partai buruh Korea. Ia seorang atheis atau orang yang tidak percaya akan adanya Tuhan.

Kim Jong-un lahir pada 8 Janauri 1984. Dia adalah seorang sarjana fisika yang mengenyam pendidikan di Universitas Kim II-sung. Tidak hanya sebagai sarjana fisika, di universitas itu dia juga menerima gelar sebagai perwira angkatan bersenjata.

Dalam sebuah biografi yang ditulis oleh Anna Field, Kim Jong-un adalah sosok yang takut berbicara dengan anak gadis saat kecil. Nilai ujiannya juga selalu jelek, tapi tetap naik kelas.

Buku berjudul "The Great Successor: The Secret Rise and Rule of Kim Jong-un" yang terbit tahun 2019 itu mengungkapkan masa kecil pemimpin Korea Utara itu ketika menimba ilmu di sekolah swasta di Swiss. Anna Field mengutip pernyataan dari teman-teman sekolah Kim Jong-un.

Ia juga bersikap acuh tak acuh terhadap isu-isu politik, namun memiliki kelebihan dalam bidang olahraga, terutama basket.

Pecinta pemain NBA Michael Jordan menjadi tambahan biodata dan agama Kim Jong-un yang tidak percaya dengan Tuhan dan senang berpesta itu.

Selama mejabat sebagai Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un kerap melontarkan kebijakan yang cukup berani. Diantaranya yaitu ancaman serangan nuklir preemptive kepada Amerika Serikat (AS) serta berencana untuk "menyapu habis" Pulau Baengnyeong milik Korea Selatan pada 2013.

Pada 25 Juli 2012, media negara Korea Utara melaporkan untuk pertama kalinya bahwa Kim Jong-un memiliki istri bernama Ri Sol-ju dan melahirkan seorang putri pada 2012 bernama Kim Ju-ae.

Itulah informasi singkat terkait biodata dan agama Kim Jong-u yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik