Ajang Piala Oscar Dimulai dengan Renungan untuk Ukraina, Zelensky Batal Sampaikan Pesan

Ajang Piala Oscar Dimulai dengan Renungan untuk Ukraina, Zelensky Batal Sampaikan Pesan

Global | inewsid | Senin, 28 Maret 2022 - 10:58
share

LOS ANGELES, iNews.id - Perhelatan Academy Award atau biasa disebut piala Oscar pada Minggu (27/3/2022) malam dibuka dengan renungan atas invasi Rusia ke Ukraina. Renungan dilakukan dengan menampilkan pesan sunyi yakni dengan tulisan di layar berisi seruan untuk membantu para korban perang di Ukraina.

Beberapa pihak mengusulkan agar Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky diberi kesempatan menyampaikan pesan video pada acara itu, namun tak tampil.

Pengarah acara tampaknya tak ingin ajang penganugerahan bagi insan perfilman Amerika Serikat itu berubah menjadi ajang dukungan untuk Ukraina. Acara renungan dilakukan dengan menampilkkan pesan di layar yang sama sekali tidak menyebutkan Rusia.

"Kami ingin renungan untuk menunjukkan dukungan kepada rakyat Ukraina yang saat ini menghadapi invasi, konflik, dan kerugian di negara mereka sendiri," bunyi pesan yang ditayangkan di layar, seperti dikutip dari Reuters, Senin (28/3/2022).

Pesan itu juga menyebutkan, jutaan keluarga membutuhkan makanan, perawatan medis, air bersih, dan layanan darurat serta meminta para tamu untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

"Kami meminta Anda untuk mendukung Ukraina dengan cara apa pun yang Anda bisa," demikian isi tulisan, menggunakan tagar #StandWithUkraine.

Aktris kelahiran Ukraina, Mila Kunis, menyampaikan pesan mengenai tragedi di tanah kelahirannya.

"Peristiwa global baru-baru ini membuat banyak dari kita terpukul. Namun ketika Anda menyaksikan kekuatan dan martabat mereka yang menghadapi kehancuran seperti itu, tidak mungkin untuk tidak tergerak melihat ketangguhan mereka," kata perempuan 38 tahun yang pindah ke AS bersama keluarganya saat berusia 7 tahun itu.

Dia aktif menggalang bantuan dana untuk Ukraina.

Pada 20 Maret, Zelensky memuji Kunis dan suaminya, Ashton Kutcher, dalam cuitan dengan mengatakan pasangan itu di antara yang pertama merespons kesedihan Ukraina dengan mengumpulkan 35 juta dolar AS untuk Ukraina.

"Berterima kasih atas dukungan dan terkesan dengan tekad mereka. Mereka menginspirasi dunia. #StandWithUkraine," kaya Zelensky.

Topik Menarik