Kesenjangan Gender Kepemimpinan Puncak China Disoroti, Laki-Laki Masih Jauh Diprioritaskan Atas Perempuan

Kesenjangan Gender Kepemimpinan Puncak China Disoroti, Laki-Laki Masih Jauh Diprioritaskan Atas Perempuan

Global | okezone | Rabu, 27 Maret 2024 - 13:21
share

BEIJING - Keterwakilan perempuan di Kongres Rakyat Nasional (NPC) China telah menimbulkan kecurigaan terkait status kaum Hawa di sana. Bahkan, ketika China merayakan Hari Perempuan Internasional bulan ini, komunitas global merasa heran atas tidak adanya keterwakilan perempuan di lingkaran politik utama China.

Politbiro Partai Komunis China (CCP) saat ini mempunyai 24 laki-laki dan tidak ada perempuan. Menurut sebuah opini di South China Morning Post (SCMP), perempuan memiliki lebih sedikit keterwakilan di Komite Sentral Partai Komunis China tanpa adanya tren peningkatan yang jelas, dan hanya ada sedikit fluktuasi dalam angka ini.

Mengutip dari The HK Post pada Rabu (27/3/2024), penulis Andrei Lungu menunjukkan bahwa perempuan biasanya diabaikan dalam hal promosi di tingkat kekuasaan yang tinggi, dan hanya segelintir sekretaris partai dan gubernur partai di China yang saat ini adalah perempuan.

Pembatasan ini sudah pasti akan membuat beberapa politisi laki-laki menduduki posisi tinggi, meski katakanlah pengetahuan serta kompetensi mereka lebih rendah dibandingkan politisi perempuan. Lungu menyatakan bahwa perempuan China bekerja bersama laki-laki dan berkontribusi di hampir setiap bidang dan di hampir setiap tingkatan dalam masyarakat. Seluruh China memperoleh manfaat dari partisipasi dan keterwakilan perempuan. Namun, keterwakilan perempuan cenderung diabaikan dalam bidang politik China.

Dua dekade terakhir merupakan puncak keterwakilan perempuan di Politbiro, dengan hanya satu keterwakilan perempuan di antara 25 anggota. Terdapat dua perwakilan perempuan di Politbiro yang dibentuk pada 2012 dan 2017. Namun saat ini, belum ada satu pun perempuan yang mendapat keterwakilan di Politbiro yang beranggotakan 24 orang tersebut.

Topik Menarik