Hujan Deras Picu Banjir Bandang di Queensland, 7 Orang Tewas

Hujan Deras Picu Banjir Bandang di Queensland, 7 Orang Tewas

Global | sindonews | Minggu, 27 Februari 2022 - 20:30
share

MELBOURNE - Korban tewas akibat banjir bandang di timur laut Australia naik menjadi 7 orang pada Minggu (27/2/2022). Banjir bandang datang menerjang usai badai hebat menghantam kota Brisbane dan tenggara negara bagian Queensland.

Perdana menteri negara bagian itu, Annastacia Palaszczuk, membandingkan cuaca dengan peristiwa topan ketika Brisbane, ibu kota Queensland, bersiap menghadapi banjir.

Baca: Banjir Bandang Menerjang Wilayah Pantai Timur Australia

"Dapatkah saya mengatakan kepada semua orang sejak awal hari ini, jika Anda tidak harus berada di jalan, tolong jangan berada di jalan," kata Palaszczuk pada briefing pada hari Minggu. "Kami memiliki banyak air yang naik tepat di seberang Brisbane dan tenggara saat ini," lanjutnya, seperti dikutip dari Reuters.

Darurat banjir telah diberlakukan di Queensland tenggara, negara bagian yang dikenal dengan sinar matahari yang berlimpah. Semua pantai Gold Coast dan Sunshine Coast, tempat wisata terkenal, telah ditutup.

Lebih dari 1.400 rumah di Brisbane diperkirakan akan terkena dampak kemungkinan banjir. Layanan Darurat Queensland mengatakan, mereka memiliki 100 permintaan bantuan setiap jam dalam beberapa hari terakhir.

Baca: Australia Diterjang Banjir Terparah dalam Lebih dari 50 Tahun

Sekitar 700 orang diminta untuk mengungsi dari kota Gympie pada hari Sabtu, setelah sistem Sungai Mary naik melampaui ketinggian 22,06 m, menjadikannya banjir terburuk di kota itu sejak tahun 1880-an.

Enam orang tewas dalam banjir Queensland sejauh ini, termasuk pada Sabtu malam ketika seorang pria berusia 34 tahun yang mencoba berenang ke tempat yang aman ketika mobilnya terendam air banjir. Pria itu akhirnya ditemukan tewas.

Seorang pria lainnya meninggal dalam banjir di utara New South Wales (NSW), ketika mobilnya terbawa arus saat hujan deras bergerak ke selatan, menimbulkan risiko bagi New South Wales, negara bagian terpadat di Australia.

Baca: Dukung Ukraina Perang Lawan Rusia, Australia Bakal Kirim Bantuan Mematikan

"Hujan deras yang signifikan diperkirakan terjadi di [timur laut NSW], meskipun Minggu dan hingga Senin. Banjir bandang yang mengancam jiwa dan banjir sungai besar mungkin terjadi," kata Biro Meteorologi NSW di Twitter.

Topik Menarik