5 Kebiasaan Buruk Laki - Laki Bikin Kualitas Sperma Tidak Subur

5 Kebiasaan Buruk Laki - Laki Bikin Kualitas Sperma Tidak Subur

Gaya Hidup | sidoarjo.inews.id | Kamis, 18 April 2024 - 15:30
share

JAKARTA iNewsSidoarjo - Ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat laki-laki tidak subur hingga menyebabkan kualitas sperma menurun. Kesuburan sendiri bukan hanya menjadi perhatian bagi wanita.

Mulai dari tempat Anda menyimpan ponsel hingga cara Anda bersantai setelah bekerja, kebiasaan ini bisa memengaruhi lebih dari sekadar rutinitas harian Anda.

Mengubah kebiasaan hidup yang tidak sehat dan mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dapat membantu meningkatkan kesuburan pria. Laki-laki memainkan peran yang setara dalam pembuahan, dan berbagai faktor gaya hidup dapat memengaruhi kesehatan reproduksi mereka.

Namun, bayak pria tidak sadar kebiasaan sehari-hari membuat kualitas sperma menurun dan menjadi tidak subur.

5 Kebiasaan yang Membuat Laki-laki Tidak Subur Berikut kebiasaan yang membuat laki-laki tidak subur dikutip dari sindonews.com melalui Times of India, Kamis (18/4/2024).

1. Kebiasaan Menyimpan Ponsel Ada dugaan bahwa paparan radiasi elektromagnetik yang dipancarkan ponsel dalam waktu lama, terutama bila disimpan di dekat organ reproduksi, berpotensi membahayakan kesehatan sperma. Jadi, sebelum Anda memasukkan ponsel ke dalam saku, pikirkan dua kali di mana ponsel itu diletakkan.

 

2. Bekerja Memangku Laptop Bekerja di depan laptop sambil berada di pangkuan Anda mungkin tampak nyaman, namun hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang tidak terlihat pada kesuburan Anda. Panas yang dihasilkan laptop dapat meningkatkan suhu skrotum. Sehingga berdampak negatif pada produksi dan kualitas sperma. Pertimbangkan untuk menggunakan meja atau membeli meja pangkuan untuk melindungi kesehatan reproduksi Anda saat bekerja.

3. Obesitas Mempertahankan berat badan yang sehat tidak hanya penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Hal ini juga memainkan peran penting dalam kesuburan pria. Penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan korelasi signifikan antara obesitas dan kesehatan sperma. Pria dengan BMI tinggi tidak hanya berisiko lebih besar memiliki jumlah sperma lebih rendah tetapi juga lebih mungkin tidak menghasilkan sperma sama sekali. Jadi, memperhatikan angka-angka pada skala tersebut bisa meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

4. Mandi Air Panas Meskipun berendam santai di pancuran air panas, bak mandi, atau jacuzzi merupakan cara sempurna untuk melepas lelah, hal ini dapat membahayakan kesuburan Anda. Paparan suhu tinggi dalam waktu lama, seperti di bak mandi air panas, dapat menurunkan produksi dan kualitas sperma untuk sementara. Jadi, jika Anda sedang mencoba untuk hamil, sebaiknya batasi waktu Anda mandi dengan air panas.

5. Merokok dan Narkoba Merokok dan penggunaan narkoba tidak hanya buruk bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Mereka bisa berbahaya bagi sistem reproduksi. Bahkan merokok dalam jumlah sedang dapat menyebabkan penurunan jumlah dan motilitas sperma. Paparan perokok pasif tidak hanya memengaruhi kesuburan, tetapi juga pasangan Anda. Jadi, jika Anda mencoba memulai sebuah keluarga, menghentikan kebiasaan ini merupakan langkah maju yang terbaik. iNewsSidoarjo

Topik Menarik