Cara Menjaga Kesehatan Mata, Lengkap degan Langkah-Langkah Senam Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata, Lengkap degan Langkah-Langkah Senam Mata

Gaya Hidup | lintasbabel.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 22:01
share

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Cara menjaga kesehatan mata, sangat perlu untuk diketahui oleh setiap orang. Mengingat peran penting salah satu indera manusia, maka mata harus mendapat perawatan ekstra.

Karena fungsi utamanya sangat penting, maka menjaga kesehatan mata adalah sebuah kewajiban. Meskipun, masih ada yang menganggap enteng soal ini.

Sebagian dari kita mungkin lalai menjaga kesehatan mata. Menatap layar handphone terlalu lama, membaca buku di tempat gelap, atau bahkan melihat sinar yang terlalu terang, kerap menjadi kebiasaan.

Padahal hal ini bisa menjadi salah satu penyebab menurunnya daya fungsi indera penglihatan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menjaga kesehatan mata, yang kami rangkum dari sumber terpercaya tentunya.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan oleh siapa saja, dan tidak membutuhkan tenaga ekstra. Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Berikut ini cara menjaga kesehatan mata.

1. Hindari Menatap Layar HP Terlalu Lama

Cara menjaga kesehatan mata yang pertama adalah menghindari menatap layar HP atau gadget terlalu lama. Karena mata akan mudah lelah, tegang dan kering.

Selain dapat menyebabkan gangguan seperti pandangan menjadi kabur, sakit kepala, nyeri leher, nyeri punggung dan bahu, serta hilang daya fokus dari kejauhan.

Cara paling mudah adalah istirahatkan mata Anda setiap 20 menit sekali tatkala menatap layar HP. Anda dapat mengarahkan pandangan ke arah luar selain HP, atau pemandangan berjarak 5-6 meter selama 30 detik. Hal ini agar mata tidak lelah.

2. Pastikan Pencahayaan Ruangan Cukup

Hal kedua untuk menjaga kesehatan mata adalah memastikan kondisi pencahayaan ruangan yang cukup terang. Ruangan yang agak gelap atau redup akan mengakibatkan mata mudah lelah, dan kering, karena jarang berkedip.

Karena itu, pastikan cahaya di ruangan tempat Anda biasa melakukan aktifitas sehari-hari tidak gelap.

3. Mengenakan Kacamata Saat Berenang

Cara ketiga menjaga kesehatan mata adalah mengenakan kacamata khusus saat berenang. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya resiko iritasi dan alergi akibat paparan zat kimia dalam air.

4. Pakai Kacamata Hitam Ketika Berada di Luar Ruangan

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah memakai kacamata hitam atau gelap ketika berada di luar ruangan.

Hal ini untuk menghindari paparan sinar ultraviolet (UV). Dimana radiasi UV beresiko menyebabkan katarak, degenerasi makula, hingga kanker mata.

Kacamata hitam juga dipakai untuk mengurangi silau cahaya, sehingga pandangan akan lebih nyaman dan jelas.

5. Pilih Kontak Lensa Berkualitas Baik

Apabila Anda menggunakan kontak lensa, cara menjaga kesehatan mata adalah dengan memilih kontak lensa dengan kualitas yang baik. Lalu setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak, bilaslah terlebih dahulu dan cuci tangan sebelum menggunakannya. Jika ketika memasangnya Anda menggunakan alat, maka pastikan juga alat tersebut bersih.

Kemudian Anda harus mengganti cairannya secara teratur ketika Anda menaruh di tempatnya waktu Anda tidur di malam hari. Jangan menggunakan kontak lensa ketika tidur.

Pastikan Anda menggunakan kontak lensa tidak dalam jangka waktu terlalu lama, maksimal 8 jam karena meskipun kualitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan Anda.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah semakin lama Anda memakai lensa kontak, semakin tinggi risiko mata Anda terkena infeksi.

6. Tidur Cukup

Tidur cukup adalah cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Istirahat atau tidur seperti menghentikan sejenak kerja mata.

Terlebih jika kondisi mata sudah mulai lelah dan penglihatan menurun, ada baiknya Anda segera beristirahat.

7. Rutin Periksa ke Dokter

Hal penting lain sebagai cara menjaga kesehatan mata ialah rutin memeriksakannya ke dokter. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, sebaiknya periksakan mata secara rutin minimal 2 tahun sekali. Sedangkan bagi orang dewasa dengan usia lebih dari 40 tahun, ada baiknya periksa mata setahun sekali.

Tujuannya adalah mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula. Jika Anda rutin memeriksakan mata, maka dokter dapat mendeteksi dini apabila ditemukan adanya penyakit tertentu.

8. Makanan Bergizi

Cara menjaga kesehatan mata paling mudah adalah dengan makan makanan bergizi. Perbanyak konsumsi makanan untuk kesehatan mata yang kaya akan vitamin A, C, E, asam lemak omega-3, zink, dan karotenoid. Contohnya wortel, jeruk, sayuran hijau, telur, ikan salmon, kacang-kacangan, dan sebagainya.

Vitamin A, C, dan E dikenal mengandung antioksidan sehingga bisa membantu mencegah degenerasi makula.

9. Senam Mata

Cara menjaga kesehatan mata satu ini berguna membantu memelihara kesehatan otot mata. Anda bisa melakukannya di saat mata terasa lelah, pagi hari, atau malam hari. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Duduk dalam posisi nyaman, kemudian tutup kedua mata Anda.
  2. Gerakkan mata ke atas sejauh kemampuan Anda, tahan beberapa saat, lalu turunkan pandangan ke bawah. Ulangi beberapa kali.
  3. Buka mata dan lihatlah sekitar.
  4. Setelah itu, tutup mata Anda kembali. Dalam keadaan mata tertutup, lirik ke kanan dan ke kiri. Ulangi beberapa kali.
  5. Buka mata dan lihatlah sekitar.
  6. Tutup lagi mata Anda. Lirik ke arah diagonal, dari kanan atas ke kiri bawah, lalu bergantian dari kiri atas ke kanan bawah. Ulang beberapa kali, kemudian buka mata.
  7. Terakhir, pejamkan mata dengan kencang, lalu berkediplah beberapa kali.

Nah, itu tadi cara menjaga kesehatan mata, semoga bermanfaat!

Topik Menarik