Niat Membayar Puasa Ramadhan, Muslim Wajib Tahu!

Niat Membayar Puasa Ramadhan, Muslim Wajib Tahu!

Gaya Hidup | inews | Selasa, 16 April 2024 - 21:23
share

JAKARTA, iNews.id - Inilah niat membayar puasa Ramadhan yang setiap muslim wajib tahu. Membayar puasa Ramadhan, yang juga dikenal sebagai puasa qadha, adalah kewajiban bagi setiap muslim yang tidak memiliki uzur syari (halangan syariat).

Berdasarkan firman Allah SWT dalam Al-Quran, Surah Al-Baqarah ayat 184:


ayymam maddt, fa mang kna mingkum mardlan au al safarin fa iddatum min ayymin ukhar, wa alalladzna yuthqnah fidyatun thamu miskn, fa man tathawwaa khairan fa huwa khairul lah, wa an tashm khairul lakum ing kuntum talamn

(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka, siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, itu lebih baik baginya dan berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Dilansir iNews.id dari NU Online pada Selasa (16/4/2024), inilah niat membayar puasa Ramadhan:

Niat Membayar Puasa Ramadhan


Nawaitu shauma ghadin an qadhI fardhi syahri Ramadhna lillhi tal.

Artinya: Aku berniat untuk mengqadha puasa bulan Ramadhan esok hari karena Allah swt.

Sebagai catatan, kesungguhan niat dalam menjalankan ibadah adalah bagian integral dari syarat diterimanya ibadah tersebut. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengingatkan, "Setiap amal bergantung pada niatnya" (HR. Bukhari dan Muslim).

Jika seseorang beribadah tanpa kesungguhan hati, ibadahnya tidak akan diterima oleh Allah.Niat adalah suatu tindakan yang berakar dalam hati.

Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa melafalkan niat secara verbal saat menjalankan ibadah, termasuk ketika membayar zakat fitrah, tidaklah diperlukan.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, sebagai teladan sempurna dalam beribadah, tidak pernah mengajarkan atau menggunakan kata-kata untuk menyatakan niat dalam pelaksanaan ibadah apapun.

Demikianlah pembahasan niat membayar puasa Ramadhan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Topik Menarik