Saat Sholat Gerakan Jangan Menyerupai seperti Unta, Rubah dan Burung Gagak 

Saat Sholat Gerakan Jangan Menyerupai seperti Unta, Rubah dan Burung Gagak 

Gaya Hidup | depok.inews.id | Rabu, 27 Maret 2024 - 16:50
share

DEPOK, iNewsDepok.id - Sholat fardhu atau wajib 5 waktu merupakan rukun Islam kedua setelah mengucapkan dua kalimat syahadat. Bagi seorang Muslim maka wajib hukumnya menegakkan sholat fardhu 5 waktu. Siapa yang meninggalkanya maka hukumnya berdosa.

Muslim juga sudah diajarkan bagaimana tata cara sholat melalui gerakan sholat yang diajarkan Nabi MuhammadShallallahu 'alaihi wa sallam (SAW)

Nah, untuk gerakan sholat bagi seorang hamba yang beriman kepada Allah Taala untuk menghargai kemuliaan yang telah diberikan-Nya. Oleh karena itu, seorang hamba sebaiknya tidak meniru perilaku hewan terutama saat sedang melakukan sholat.

Sholat merupakan momen yang paling mulia bagi seorang hamba. Terdapat bukti-bukti yang sahih dari Nabi Shallallaahu alaihi wasallam yang menunjukkan perintah untuk membedakan diri dari seluruh hewan saat menjalankan salat. Larangan ini tercermin dalam beberapa bentuk, di antaranya:

Bentuk larangan dalam sholat tersebut adalah:

1. Menoleh saat sholat seperti menolehnya rubah;

2. Membentangkan tangan saat sujud seperti bentangan tangan/kakinya binatang buas;

3. Duduk seperti duduknya anjing;

4. Sujudnya cepat seperti mematuknya burung gagak;

5. Menuju sujud dari berdiri seperti menderumnya unta; dan

6. Mengangkat tangan saat salam seperti ekor kuda yang kepanasan.

Sholat adalah bentuk doa kepada Allah Taala, merupakan ikatan antara seorang hamba dengan Rabbnya. Oleh karena itu, ketika menjalankan salat, seorang hamba seharusnya berada dalam kondisi dan posisi yang optimal serta sempurna.

Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan An-Nasairahimahumullahmeriwayatkan sebuah hadis dari Abdurrahman bin Syiblradhiyallahu anhu, dia berkata,

.

RasulullahShallaallaahu alaihi wasallammelarang tiga perkara, yaitu:

1. Mematuk seperti mematuknya burung gagak (sujudnya cepat);

2. Duduknya hewan buas (membentangkan tangan saat sujud seperti bentangan binatang buas yakni kaki belakang dilipat, kaki depannya diluruskan. Lengannya menempel ke lantai);

3. Seseorang mengkhususkan tempat seperti unta yang mengkhususkan tempat (duduk di tempat tertentu secara terus-menerus kalau di tempat sholatnya)

(HR. Ahmadno. 15532, Abu Dawud no. 862, An Nasai no. 1112, dan Ibnu Majah no. 1429. dinilai hasan oleh Syaikh Al-Albani dalamAsh Shahihah, no. 1168).

An-Nasairahimahullahmeriwayatkan hadis dari Anasradhiyallahu anhu,dari RasulullahShallallaahu alaihi wasallam, beliau bersabda,

.

Sempurnakan sujud kalian, dan jangan salah seorang dari kalian menghamparkan kedua lengannya sebagaimana terhamparnya (kaki) anjing(HR. An-Nasai no. 702, hadis hasan sahih).

Larangan dalam hadis ini adalah larangan sujud dengan keadaan lengannya menyerupai kaki anjing saat terhampar, yakni kedua lengan dan sikunya menempel pada lantai. Hendaknya orang yang salat mengangkat sikunya saat sedang sujud.

Abu Dawudrahimahullahmeriwayatkan dari Abu Hurairahradhiyallahu anhu, beliau berkata, RasulullahShallallaahu alaihi wasallambersabda,

(Apakah) salah seorang di antara kalian turun dalam salatnya, sehingga ia menderum sebagaimana unta menderum (ketika hendak sujud)?(HR. Abu Dawud no. 841, dinilai sahih oleh Syaikh Al Albani).

Imam Ahmadrahimahullahmeriwayatkan dari Abu Hurairahradhiyallahu anhu, dia berkata,

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam memerintahkan aku dengan tiga perkara dan melarangku dari tiga perkara. Memerintahkan aku untuk melakukan salat dhuha dua rakaat setiap hari, witir sebelum tidur, dan puasa tiga hari dari setiap bulan. Melarangku dari mematuk seperti patukan ayam jantan, duduk iqa seperti duduk iqa anjing, dan menoleh sebagaimana rubah menoleh(HR. Ahmad no. 8106, dihasankan Syekh Al Albani).

Melansir laman Muslim.or.id disebutkan Imam Muslim, Ahmad dan Nasairahimahumullahmeriwayatkan dari Jabir bin Samurahradhiyallahu anhu, dia berkata,

,

Aku sholat bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam. Kami dahulu jika salam (dari salat), kami mengisyaratkan dengan tangan kami as-salaamu alaikum, as-salaamu alaikum. Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam melihat kami, lalu beliau bersabda, Mengapa Engkau memberi isyarat dengan tanganmu, seolah-olah ekor-ekor kuda yang tidak tenang? Jika seseorang dari kamu salam (dari salatnya), hendaklah ia menoleh kepada saudaranya, dan janganlah ia memberikan isyarat dengan tangannya.(HR. Muslim no. 431, Ahmad no. 20806, Nasai no. 1185).

Sesungguhnya Islam datang untuk memuliakan kaum muslimin, meninggikan mereka jangan sampai menyerupai hewan dalam berbagai kondisinya, terutama dalam kondisi salat dimana seorang hamba sedang bermunajat dengan Rabbnya.

Topik Menarik