Apakah Melihat Video 18 Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya

Apakah Melihat Video 18 Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya

Gaya Hidup | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 08:17
share

JAKARTA, iNews.id - Apakah melihat video 18 membatalkan puasa jadi hal yang paling ditanyakan banyak orang akhir-akhir ini. Bulan Ramadhan jadi bulan yang suci bagi seluruh umat Muslim.

Di bulan Ramadhan, umat Muslim yang tidak memiliki udzur atau halangan wajib melaksanakan ibadah puasa. Diwajibkan pula untuk tidak makan dan minum, menahan nafsu, dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Meski begitu, masih banyak orang yang berpuasa namun melakukan hal negatif. Salah satunya adalah menonton video 18.

Lantas, apakah melihat video 18 membatalkan puasa? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dirangkum dari laman NU Online, Senin (25/3/2024).

Apakah Melihat Video 18 Membatalkan Puasa?

Sebagaimana diketahui, menonton video 18 atau dewasa merupakan suatu kegiatan menyaksikan suatu objek dengan syahwat. Secara normatif, hal ini bukanlah termasuk salah satu hal yang dapat membatalkan puasa.

Seperti yang disampaikan oleh Imam An-Nawawi tentang hukum menonton film dewasa berikut ini :

Artinya:

"Sperma jika keluar (ejakulasi) sebab onani, maka puasa seseorang batal. Tetapi jika mani keluar dengan semata-mata pikiran dan memandang dengan syahwat, maka puasanya tidak batal. Sedangkan ejakulasi sebab kontak fisik pada selain kemaluan, sentuhan, atau ciuman, maka puasanya batal. Ini pandangan mazhab Syafi'i. Demikian juga pandangan mayoritas ulama." (Imam An-Nawawi, Raudhatut Thalibin wa Umdatul Muftin, [Beirut, Darul Fikr: 2005 M/1425-1426 H], juz II, hal. 247).

Dapat disimpulkan, kegiatan atau aktivitas menonton film dewasa merupakan suatu hal yang tidak membatalkan puasa Ramadhan. Namun, dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala puasa itu sendiri.

Artinya, seorang Muslim yang menonton film dewasa di saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan tidak akan mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan haus.

Tentu saja hal itu sangat merugikan bagi Muslim itu sendiri. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam menjelaskan perkara pentingnya berpuasa di bulan Ramadhan,

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap ridho Allah semata, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari dan Muslim).

Bulan Ramadhan menjadi momen yang tepat bagi seorang Muslim untuk mendapatkan ampunan dari Allah Subhanahu Wata'ala. Tak hanya itu, di bulan ini pula terdapat beberapa waktu diijabahnya suatu doa.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits, Sesungguhnya orang yang berpuasa pada saat berbuka mempunyai waktu di mana doanya tidak tertolak. (HR Ibnu Majah).

Itulah jawaban mengenai apakah melihat video 18 membatalkan puasa? Semoga bermanfaat!

Topik Menarik