Apakah Berenang Membatalkan Puasa? Simak Jawabannya!

Apakah Berenang Membatalkan Puasa? Simak Jawabannya!

Gaya Hidup | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 12:28
share

JAKARTA, iNews.id - Apakah berenang membatalkan puasa? Pertanyaan tersebut akan muncul saat memasuki bulan suci Ramadhan.Umat Islam yang menjalankan puasa pada bulan suci Ramadhan tetap dianjurkan melakukan olahraga agar tetap sehat.

Meski demikian, olahraga yang dilakukan saat berpuasa sebaiknya bersifat ringan atau sedang agar tidak menguras energi.

Salah satu bentuk olahraga yang bisa dilakukan adalah renang. Namun, beberapa orang enggan berenang karena khawatir puasanya batal. Lantas, bolehkah renang saat menjalani puasa Ramadhan?

Dilansir iNews.id dari laman Muhammadiyah, mari kita temukan jawaban dari pertanyaan, apakah berenang membatalkan puasa?

Apakah berenang membatalkan puasa?

Dalam buku "Fatwa Ramadhan", Prof. Dr. Syamsul Anwar MA menjelaskan bahwa ada lima tindakan yang dapat membatalkan puasa.

Pertama, memasukkan sesuatu ke dalam tubuh melalui mulut atau hidung, seperti menelan makanan, minum air, atau obat, atau berkumur-kumur secara berlebihan sehingga air masuk ke dalam perut.

Kedua, muntah yang dilakukan dengan sengaja. Ketiga, mengalami haid bagi wanita saat berpuasa. Keempat, berhubungan badan.

Kelima, keluarnya mani dengan sengaja (onani) dan masturbasi, atau keluarnya mani karena berciuman atau bercumbu. (Fatwa Ramadhan, halaman 93).

Hukum Berenang saat Puasa

Berenang adalah salah satu olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan tubuh di air, menggunakan kaki dan tangan agar tubuh bisa mengapung di permukaan air.

Secara asalnya, berenang adalah diperbolehkan. Berenang juga tidak termasuk dalam hal yang membatalkan puasa seperti yang telah disebutkan.

Lajnah Al-Ifta menjelaskan bahwa jika seseorang yang sedang berenang memiliki keyakinan kuat bahwa air tidak akan sampai ke dalam perut melalui mulut, hidung, atau telinga, maka berenang pada siang hari bulan Ramadhan tidaklah masalah karena tidak ada larangan mengenai hal tersebut.

Ada sebuah hadis mengenai hal ini:

"Telah diriwayatkan oleh seseorang yang melihat Nabi SAW pada hari yang panas menuangkan air ke atas kepalanya karena panas atau haus sementara beliau sedang berpuasa." (HR. An-Nawawi, diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan sanadnya dinilai shahih).

Ini menjadi dasar bagi para ulama bahwa tidak ada perbedaan pendapat tentang apakah orang yang sedang berpuasa diperbolehkan untuk menyiram air dan berendam di dalam air serta menyiram air ke kepalanya.

Perlu Diperhatikan Hal Ini

Namun yang perlu diperhatikan adalah apakah air masuk ke dalam mulut, hidung, atau telinga saat berenang.
Hal ini mengingat Nabi SAW pernah melarang berkumur-kumur secara berlebihan saat berpuasa, semata-mata untuk mencegah agar air tidak masuk ke dalam rongga hidung.

. ( )


Diriwayatkan dari Laqith bin Saburah ia berkata: Aku berkata: "Wahai Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, jelaskanlah kepada saya tentang wudhu." Beliau bersabda: "Lakukan wudhu dengan sempurna, selipkan jari-jari Anda, dan kencangkan menghirup air ke hidung, kecuali jika Anda sedang berpuasa." (HR Tirmidzi).

Imam Ibnu Hajar Al-Haitami berpendapat, Jika seseorang tanpa sengaja kemasukan air saat mandi untuk mendinginkan atau membersihkan tubuh, begitu pula karena berendam air masuk ke dalam perut melalui mulut atau hidung, hal itu dihukumi makruh jika tidak disengaja. Jika disengaja membuat air masuk, itu dianggap dosa dan puasanya batal.

Hal ini sesuai dengan yang telah disampaikan sebelumnya bahwa memasukkan sesuatu ke dalam tubuh melalui mulut atau hidung sehingga air masuk ke dalam perut membatalkan puasa. Jika tidak disengaja dan tidak diprediksi bahwa akan ada air yang masuk ke dalam rongga hidung atau mulut, kemudian ternyata air masih masuk ke dalam rongga hidung atau mulut atau telinga, maka hukumnya adalah makruh.

Namun jika sudah diketahui, misalnya sudah menjadi kebiasaan bahwa saat berenang air akan masuk, maka ini sama dengan disengaja.

Oleh karena itu, mengenai berenang saat berpuasa, itu kembali kepada masing-masing individu yang lebih mengetahui tentang kondisi dan kebiasaannya. Pada dasarnya, berenang saat berpuasa diperbolehkan, selama Anda bisa memastikan bahwa tidak ada air yang masuk ke dalam rongga hidung, mulut, dan telinga.

Pertanyaan apakah berenang membatalkan puasa, sudah terjawab bukan? Sebagai seorang Muslim, hendaknya selalu memiliki semangat untuk taat kepada Allah dan berhati-hati dalam melakukan sesuatu yang dapat merusak amal ibadah.

Wallahu alam bish shawab

Topik Menarik