Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Tayamum yang Sah

Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Tayamum yang Sah

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Jum'at, 1 Maret 2024 - 08:33
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bacaan niat Tayamum merupakan hal penting yang harus dipahami umat Muslim. Sebab, hal ini adalah salah satu cara bersuci sebelum beribadah.

Shalat merupakan bentuk ibadah yang wajib untuk dilaksanakan seluruh umat Muslim. Sebelum melaksanakan ibadah satu ini, diwajibkan berwudhu untuk bersuci dan membersihkan diri.

Namun, sebelum ingin berwudhu ada kalanya umat Muslim tidak menemukan air atau jauh dari sumber mata air. Selain itu, ada pula yang beralasan sedang sakit dan ditakutkan sakitnya bertambah jika terkena air.

Hal itulah yang membuat umat Muslim diperbolehkan untuk melakukan tayamum. Bersuci secara tayamum dapat dilakukan dengan memanfaatkan tanah, pasir, maupun debu.

Pengertian Tayamum

Mengutip dari buku Fiqih Ibadah karya Zainal Abidin, Senin (26/2/2024), tayamum merupakan cara bersuci dari hadas besar maupun hadas kecil dengan mengusapkan wajah dan tangan menggunakan berbagai media. Seperti debu, tanah, atau permukaan bumi lainnya yang bersih dan suci dari najis.

Ayat Al-Quran Tentang Tayamum

Dalil yang menyebutkan mengenai kemudahan bersuci dengan tayamum disampaikan Allah dalam Al Quran surat An-Nisa ayat 43.

Latin: Y ayyuhal-lana man l taqrabu-alta wa antum sukr att talam m taqlna wa l junuban ill bir sablin att tagtasil, wa in kuntum mar au al safarin au j'a aadum minkum minal-g'ii au lmastumun-nis'a falam tajid m'an fa tayammam adan ayyiban famsa biwujhikum wa aidkum, innnallha kna afuwwan gafr(n).

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, janganlah mendekati salat, sedangkan kamu dalam keadaan mabuk sampai kamu sadar akan apa yang kamu ucapkan dan jangan (pula menghampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub, kecuali sekadar berlalu (saja) sehingga kamu mandi (junub). Jika kamu sakit, sedang dalam perjalanan, salah seorang di antara kamu kembali dari tempat buang air, atau kamu telah menyentuh perempuan,156) sedangkan kamu tidak mendapati air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci). Usaplah wajah dan tanganmu (dengan debu itu). Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.

Niat Tayamum

Niat tayamum sendiri adalah sebagai berikut:

Latin: Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta'ala.

Artinya: Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah.

Tata Cara Tayamum

Berikut tata cara tayamum yang hendaknya diketahui umat Muslim:

  1. Pertama-tama, siapkan tanah yang berdebu dan bersih.
  2. Mengucapkan basmalah, menghadap ke kiblat, dan membaca niat doa tayamum : Nawaitu Tayammuma Istibaahatish Shalaati Fardlol Lillaahi Ta'aalaa.
  3. Letakkan kedua telapak tangan ke daerah yang berdebu.
  4. Sebelum itu, pastikan jari-jari tangan dalam kondisi rapat.
  5. Tiup debut ditangan dahulu agar tidak terlalu banyak.
  6. Usapkan dan usap secara merata debu tadi ke wajah.
  7. Letakkan kembali kedua telapak tangan dengan jari yang direnggangkan untuk mengambil debu.
  8. Kali ini, tempelkan telapak tangan yang terdapat pada debu dan usapkan di area punggung tangan kanan ke arah bagian dalam lengan hingga siku.
  9. Kemudian, usapkan bagian jempol kiri ke bagian punggung jempol kanan.
  10. Lakukan hal yang sama di bagian tangan kiri.
  11. Setelah itu, kedua telapak tangan dipersatukan dan usapkan jari-jari.

Doa Tayamum

Setelah melakukan tayamum, dianjurkan untuk membaca doa:

Latin: Asyhadu Allaa Ilaaha Illallah Wahdahu Laa. Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan 'Abduhuuwa Rosuuluhuu, Allahummaj'alni Minat Tawwaabiina Waj'alnii Minal Mutathohhiriin.

Artinya: Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikan aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci.
Kapan Tayamum Dilakukan?

Melansir laman Kementerian Agama Kota Banjarmasin, tayamum diperbolehkan dilakukan dengan beberapa keadaan seperti tidak adanya air yang cukup untuk wudhu atau mandi, tidak mampu menggunakan air seperti orang lemah, dan sakit yang memperlambat sembuh dari sakit bila menggunakan air.

Demikian ulasan mengenai bacaan niat Tayamum. Semoga bermanfaat!

(*)
#lifestyle
Topik Menarik