Ketombe hingga Garis Putih di Kuku, 12 Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi

Ketombe hingga Garis Putih di Kuku, 12 Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 26 Januari 2023 - 19:06
share

CUKUPNYA asupan nutrisi yang masuk ke tubuh sangat penting, untuk memastikan tubuh tetap sehat dan bisa berfungsi dengan normal.

Ketika tubuh kekurangan nutrisi, seperti diungkap spesialis penyakit dalam dari RUSH University Medical Center, Dr. Patricia Graham, maka tubuh akan memperlihatkan tanda-tandanya. Menariknya, tanda ini bisa dilihat dengan mudah secara kasat mata.

Menurutnya, ada banyak tanda yang bisa dijadikan patokan bagi orang awam untuk menunjukan tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Ia menyebut beberapa tanda akan mengganggu penampilan, namun bisa hilang seiring dengan pola makan yang membaik. Apa saja tanda seseorang mengalami kekurangan nutrisi? Simak paparannya di bawah ini, sebagaimana menukil Metro, Kamis (26/1/2023).

1.Wajah tampak lelah: Jadi gejala umum yang tampak, terutama bisa berasal dari kekurangan zat besi dalam darah. Zat besi adalah mineral yang digunakan tubuh untuk membuat hemoglobin yang bekerja untuk membawa oksigen.Jika kekurangan zat besi, wajah akan tampak lelah karena tubuh kekurangan oksigen.

2.Rambut kering: Ini adalah salah satu sinyal kalau tubuh kekurangan zat besi dan kadar protein. Maka dari itu, coba tambahkan sedikit lebih banyak ayam, telur, dan kacang-kacangan ke dalam menu makanan sehari-hari.

(Foto: Freepik)

3.Garis putih di kuku: Tanda yang satu ini bukan hanya bisa menunjukan bahwa tubuh memiliki penyakit diabetes dan penyakit pembuluh darah. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan nutrisi loh!

4.Mulut terasa terbakar: Gejala satu ini bisa muncul tiba-tiba dan hilang dengan cepat. Muncul dipicu karena tubuh kekurangan vitamin B12 dan zat besi.

5.Kejang otot: Dikenal juga sebagai hipokalemia, terjadi ketika tubuh kekurangan kalium. Kalium yang membantu saraf dan otot berfungsi melalui sinyal listrik yang dikirim oleh otak. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi, kita mungkin menemukan otot jadi mulai berkedut secara random.

6.Kuku rapuh: Kuku rapuh bisa jadi tanda kesehatan yang buruk secara keseluruhan, tetapi ada dua tanda yang utama, yakni kekurangan zat besi dan biotin. Biotin meningkatkan kadar asam amino yang menghasilkan keratin. Ini adalah jenis protein yang ditemukan dalam sel epitel seperti kuku, rambut, dan kulit.

7.Jari kesemutan: Ini disebut menjadi tanda kekurangan kalsium yang serius. Kalsium sangat penting untuk kesehatan saraf dan kehilangan kalium, berarti fungsi saraf perifer bisa saja jadi mulai hilang.

8.Gusi berdarah: Sering mengalami ini usai sikat gigi? Bisa jadi karena kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C berarti tubuh jadi tak bisa memperbaiki kerusakan dan menyebabkan pendarahan.

9.Rabun ayam Normalnya, mata manusia bisa beradaptasi dengan baik untuk melihat dalam kondisi redup dan kurang cahaya. Jika mata seseorang tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya di sekitarnya, ini artinya bisa menjadi tanda kekurangan rhodopsin di matanya.

10.Ketombe: Masalah kesehatan rambut yang dialami banyak orang ini bisa disebabkan oleh kekeringan di kulit kepala yang dipicu karena kekurangan zat besi.

(Foto: Boldsky)

11.Lidah halus: Disebut juga dengan glositis, kondisi yang tak perlu dicemaskan tetapi dalam beberapa kasus, bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Vitamin b9, yang dikenal sebagai asam folat, sangat penting untuk perkembangan DNA dan RNA dalam tubuh.

12.Mual: Sering mual terutama di pagi hari? Ini disebut bisa menjadi tanda tubuh kekurangan magnesium, mineral penting dan elektrolit yang terkait dengan tingkat energi dan fungsi otot dan saraf.

Topik Menarik