Mom ! Jangan Biarkan Anak Anda Suka Ngupil, Begini Bahayanya

Mom ! Jangan Biarkan Anak Anda Suka Ngupil, Begini Bahayanya

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 00:08
share

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Menjaga kesehatan anak-anak, wajib dilakukan para orang tua agar anak tetap sehat dan terhindar dari serangan penyakit. Oleh karenanya, pola hidup bersih perlu diterapkan di keseharian anak.

Salah satunya yang perlu dihindari anak, yakni kebiasaan mengupil. Meski kebiasaan mengupil sebenarnya tidak berbahaya untuk kesehatan, jika dilakukan sesekali saja. Ngupil juga tidak akan mengganggu, kemampuan indra penciuman anak.

Namun dilansir dari KlikDokter, jika dilihat lewat kacamata kesehatan, ada beberapa dampak buruk untuk kesehatannya. Mari ketahui lebih lanjut bahaya ngupil terlalu sering dan cara mengatasi kebiasaan anak yang suka ngupil.

Pertama, Meningkatkan Risiko Infeksi di Lubang Hidung. Mengupil dengan jari atau kuku yang kotor bisa memperkenalkan bakteri baru ke flora normal hidung. Hal ini bisa meningkatkan risiko infeksi pada daerah sekitar lubang hidung. Penyakit yang dapat terjadi antara lain impetigo (bisul) di dalam lubang hidung dan vestibulitis (peradangan pada bagian depan rongga hidung).

Kedua, Menyebarkan Bakteri atau Sumber Penyakit. Mukus hidung yang kering atau upil berasal dari cairan hidung disertai berbagai macam kuman. Tangan yang digunakan anak untuk ngupil bisa menjadi media penyalur penyebaran kuman, terutama bila anak tidak mencuci tangan setelahnya.

Ketiga, Rusaknya Rongga Hidung. Kebiasaan anak ngupil terlalu sering dapat menyebabkan rongga hidung anak meradang dan membengkak. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan penyempitan pada rongga hidung, sehingga dapat mengganggu aliran udara yang masuk melalui hidung.

Keempat, Mimisan. Pada anak yang sering ngupil, dampak buruk yang paling sering ditemukan adalah mimisan. Karena gesekan dari kuku atau ujung jari terus terjadi, mengupil bisa menyebabkan pembuluh darah yang rapuh pada hidung pecah. Pecahnya pembuluh darah pada hidung inilah yang bermanifestasi sebagai mimisan.

Kelima, Kerusakan Septum Hidung. Bahaya ngupil lainnya yang bisa terjadi pada anak adalah kerusakan septum hidung. Kondisi ini lebih jarang terjadi, tetapi dapat muncul karena kebiasaan ngupil terus-menerus. Akibat gesekan dan dorongan dari ujung jari atau kuku saat mengupil, septum hidung dapat mengalami kerusakan hingga berlubang.

Artikel ini telah ditulis sebelumnya, di kanal https://lifestyle.okezone.com/read/2022/11/28/612/2716457/waspada-anak-suka-ngupil-ini-loh-5-bahaya-yang-mengintai?page=2

Topik Menarik