Loading...
Loading…
Selain Furnitur, Bambu Ternyata Juga Bisa Dimanfaatkan Jadi Aksesori dan Skin Care, lho!

Selain Furnitur, Bambu Ternyata Juga Bisa Dimanfaatkan Jadi Aksesori dan Skin Care, lho!

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | JournalSociolla | Minggu, 18 September 2022 - 12:17

Tinggal di Indonesia, tanaman bambu bukanlah hal yang asing karena mudah ditemukan di mana-mana. Faktanya, tanaman bambu ini memang serba bisa, lho, Bestie! Yup, selain mampu memproduksi oksigen lebih banyak daripada tumbuhan dan pohon lainnya, bambu juga sering dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan, seperti furnitur rumah hingga berbagai aksesori yang bisa dipakai sehari-hari. Nah, dalam rangka World Bamboo Day yang jatuh pada 18 September ini, Beauty Journal punya beberapa inspirasi produk dari bambu yang unik dan menarik.

Tas

world-bamboo-days-produk-hasil-olahan-bambu-selain-furniture

Sumber Gambar

Saat ini, para pelaku di dunia fashion sudah mulai menerapkan konsep ramah lingkungan dengan menggunakan material yang mudah terurai, salah satunya bambu yang bersifat biodegradable . Dan tahukah kamu, tas yang biasanya terbuat dari plastik, kain, atau leather , mulai berinovasi dengan menggunakan anyaman bambu maupun bamboo fiber sebagai bahan utamanya. Tas yang terbuat dari bambu dipercaya memiliki ketahanan yang lebih awet, karena bambu memiiliki anti mikroba sehingga tas tidak mudah jamuran atau rusak.

Tisu

world-bamboo-days-produk-hasil-olahan-bambu-selain-furniture

Sumber Gambar

Bambu ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan alternatif dalam pembuatan tisu yang lebih ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan. Pasalnya, tisu yang terbuat dari bambu tidak menggunakan zat pemutih atau bahan kimia lainnya. Selain itu, tisu satu ini juga diklaim lebih aman untuk kulit yang sensitif karena tidak mengandung partikel debu yang umumnya ada pada tisu dari serat pohon biasa. Hal ini pun juga membuat tisu bambu tidak menyebabkan iritasi maupun efek alergi pada kulit.

Skin care

world-bamboo-days-produk-hasil-olahan-bambu-selain-furniture

Bagi pencinta K-beauty mungkin sudah familier jika bambu sempat menjadi salah satu natural ingredients yang cukup populer untukskin care. Hal itu tak luput dari sifat anti mikroba, anti inflamasi, hingga anti oksidan yang ada pada bambu. Tak heran , ika kini cukup banyak produk skin care yang memanfaatkan bamboo water , ekstrak bambu, hingga arang bambu sebagai kandungan di dalamnya. Produk skin care dengan kandungan bambu pun cukup banyak variasinya, lho!

Material tekstil

world-bamboo-days-produk-hasil-olahan-bambu-selain-furniture

Sumber Gambar

Tak hanya pada tisu , serat bambu ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk industri tekstil, Bestie! Beberapa di antaranya adalah pakaian, sprei, bahkan selimut. Hasil produk tekstil yang terbuat dari serat bambu juga punya banyak kelebihan dibandingkan dengan bahan pakaian lainnya. Mulai dari lebih awet karena adanya zat anti mikroba yang tidak akan hilang meski pakaian dicuci berulang kali, lalu memiliki daya serap yang tinggi, serta kemampuan menyerap bau yang tak sedap. Terakhir, bamboo fiber juga diklaim punya daya sirkulasi udara 3,5 kali lipat dibandingkan dengan bahan katun, sehingga lebih terasa nyaman di kulit.

Sandal

world-bamboo-day-produk-hasil-olahan-bambu-selain-furniture

Sumber Gambar

Satu lagi fashion item yang memanfaatkan bambu sebagai materialnya, yaitu sandal. Di Indonesia sendiri, sandal bambu mulai banyak dipasarkan. Modelnya pun beraneka ragam, mulai sandal jepit yang simpel hingga model yang estetik sehingga terlihat lebih stylish . Sandal yang terbuat dari bambu juga didesain sedemikian rupa sehingga tetap nyaman ketika digunakan sehari-hari.

Wah, ternyata bambu bisa dimanfaatkan untuk banyak hal juga, ya! Semoga inovasi ini juga bisa mendukung gaya hidup zero waste dan berkelanjutan.

Original Source

Topik Menarik