6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Cegah Kerusakan!

6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Cegah Kerusakan!

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 24 Agustus 2022 - 09:30
share

JAKARTA, celebrities.id - Minyak zaitun memiliki segudang manfaat tidak hanya untuk kesehatan, juga kecantikan. Salah satunya bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut.

Masalah rambut yang utama selain ketombe adalah rambut rontok. Tentu ini sangat menggangu, apa lagi jika helaian rambut yang rontok begitu banyak. Rambut tebal Anda bukan tak mungkin akan menjadi tipis dan rusak.

Melansir Stylecraze, Rabu (24/8/2022), berikut enam manfaat minyak zaitun untuk rambut.

1. Mengurangi Produksi DHT

Salah satu alasan terbesar untuk rambut rontok adalah produksi dihidrotestosteron. Hormon ini menyerang folikel rambut dan melemahkannya, menyebabkan rambut rontok.

Minyak zaitun mengandung asam oleat yang menghambat 5 - alpha reductase, enzim yang mengubah testosteron menjadi DHT, yang kadarnya tinggi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Penggunaan minyak zaitun secara teratur membantu memblokir produksi DHT dan karenanya membantu mengurangi rambut rontok.

2. Mencegah Kerusakan Rambut

Minyak zaitun kaya akan antioksidan. Ini membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut serta melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel. Antioksidan membantu menstabilkan radikal bebas dan mencegah kerusakan.

3. Memelihara dan Mengkondisikan Rambut

Minyak zaitun meningkatkan sirkulasi darah dan memelihara folikel dengan nutrisi penting dan lemak tak jenuh. Ini juga membantu menyegel kelembapan di batang rambut, mencegah kekeringan dan membuat rambut lebih mudah diatur.

4. Mengurangi Kerusakan Rambut

Karena minyak mencegah kekeringan, minyak ini juga membantu menjaga rambut Anda tetap tebal dan bervolume dengan mengurangi kerusakan. Ini dilakukan dengan mengkondisikan dan memperkuat batang rambut dengan kandungan asam lemak omega-3 yang kaya, menjaga rambut Anda agar tidak patah.

5. Menenangkan Kulit Kepala

Minyak zaitun dapat membantu menenangkan kulit kepala yang parah dan mengobati masalah seperti gatal dan ketombe. Ketombe dan folikel tersumbat adalah penyebab utama kerontokan rambut.

6. Membantu Pertumbuhan Rambut

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aplikasi topikal oleuropein, konstituen minyak zaitun, menginduksi pertumbuhan rambut. Menerapkan minyak zaitun dan memijat kulit kepala juga meningkatkan sirkulasi darah, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan rambut.

Topik Menarik