Cegah PMK, Puluhan Sapi di OKU Diberi Vaksin Dosis Kedua

Cegah PMK, Puluhan Sapi di OKU Diberi Vaksin Dosis Kedua

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 21:11
share

GenPI.co Sumsel - Puluhan sapi di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan , mendapatkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dosis kedua.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten OKU, Tri Aprianingsih di Baturaja , Selasa (9/8).

Pemberian vaksin dosis kedua itu untuk memberikan kekebalan tubuh sapi agar tak mudah terpapar PMK.

Pemberian vaksin dosis kedua ini ditujukan bagi hewan ternak sapi milik peternak di Kecamatan Sinar Peninjauan, ujarnya.

Pihaknya menargetkan 71 ekor sapi milik masyarakat di Desa Marga Bakti, Kecamatan Sinar Peninjauan yang sebelumnya terdata untuk mendapat dosis kedua.

Dari 71 ekor target sasaran, hanya 67 ekor yang bisa divaksin. Sedangkan sisanya terkendala hewan ternak sedang hamil sehingga pemberian vaksin terpaksa ditunda, tuturnya.

Pemberian vaksin PMK untuk sapi merupakan program nasional sesuai instruksi pemerintah pusat.

Program tersebut bertujuan untuk melindungi sektor peternakan dari penyakit menular yang mengancam kesehatan ternak dan manusia.

Di Kabupaten OKU belum ada hewan ternak yang terinfeksi PMK, upaya antisipasi perlu dilakukan sedini mungkin melalui penyuntikan vaksin tersebut, katanya.

Pihaknya menerjunkan tim satuan tugas PMK yang mendatangi langsung peternakan sapi untuk diberi vaksin PMK.

Namun, dari total populasi sapi sebanyak 8.800 ekor sapi, baru 600 ekor sapi yang sudah mendapatkan vaksin PMK dosis pertama.

Untuk dosis kedua baru 67 ekor ini. Artinya masih banyak yang belum mendapat vaksin baik dosis pertama maupun kedua, katanya.

Mudah-mudahan dalam waktu akan ada penambahan dosis dari pemerintah provinsi sehingga OKU dapat bebas dari PMK , imbuhnya. (Ant)

Tonton Video viral berikut:

Topik Menarik