Pria Afghanistan Tikam 10 Orang hingga Tewas, Diduga Masalah Tanah

Pria Afghanistan Tikam 10 Orang hingga Tewas, Diduga Masalah Tanah

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 8 Agustus 2022 - 14:32
share

TEHERAN, iNews.id - Polisi di Iran menangkap seorang pria Afghanistan yang diduga menikam 10 buruh tani hingga tewas. Perseteruan tersebut dipicu soal tanah.

Dilansir dari media pemerintah Iran, IRNA pada Senin (8/8/2022), insiden tersebut terjadi di sebuah desa terpencil tenggara Iran, Minggu (7/8/2022). Kasus seperti ini jarang terjadi di Republik Islam tersebut.

Sebanyak empat warga Iran dan enam orang Afghanistan tewas, sementara satu pekerja pertanian terluka oleh amukan pelaku. Korban luka kini berada di rumah sakit.

Menurut laporan, tersangka mengalami gangguan jiwa.

Kekeringan selama beberapa dekade di Iran telah menyebabkan meningkatnya perselisihan atas sumber daya air dan tanah dengan akses air yang lebih baik. Senapan berburu merupakan satu-satunya senjata yang diizinkan untuk dimiliki secara legal di Iran.

Tindakan kekerasan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di Iran karena kondisi ekonomi negara itu memburuk. Hal itu diperparah adanya sanksi Amerika yang membantu memicu melonjaknya inflasi dan meningkatnya pengangguran.

Pada Mei lalu, seorang karyawan yang dipecat oleh salah satu konglomerat keuangan milik negara terbesar Iran. Dia mengamuk di bekas tempat kerjanya di Iran barat.

Tiga orang tewas dan lima lainnya luka. Pelaku lalu bunuh diri.

Topik Menarik