Loading...
Loading…
Ikut Kompetisi Kicau Burung, Anies Harap Tak Hanya Hobi tapi Gerakkan Ekonomi

Ikut Kompetisi Kicau Burung, Anies Harap Tak Hanya Hobi tapi Gerakkan Ekonomi

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Okezone | Senin, 08 Agustus 2022 - 10:12

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk pertama kali ikut kompetisi kicau burung yang digelar di Lapangan Banteng pada 6-7 Agustus 2022 kemarin. Meski kalah, Anies turut senang burung peliharaannya bisa ikut kompetisi.

"Senang sekali bisa ikut memeriahkan Lomba Kicau Burung di Lapangan Banteng kemarin. Kami ikut menggantang (menggantungkan sangkar) burung di kompetisi kelas Anies Merah. Ini pengalaman pertama kali ikut kompetisi, dankalah. Tidak apa-apa, yang penting burungnya senang ikut kompetisi, apalagi ini adalah burung yang kami pelihara di kantor Balai Kota," tulis Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan, Senin (8/8/2022).

Anies berharap komunitas pencinta burung terus berkembang. Namun tidak hanya sebatas hobi melainkan perekonomian harus ikut bergerak.

"Kami senang sekali komunitas kicau mania ini tumbuh berkembang dan kita di Jakarta ingin memfasilitasi lebih banyak lagi. Kita ingin bukan hanya hobinya berkembang tapi perekonomiannya ikut bergerak," ujar Anies.

"Di balik kompetisi ini ada pergerakan ekonomi yang amat besar. Baik dari kota-kota di Jawa maupun tadi bertemu ada yang dari Kalimantan Timur bahkan Sumatera, sehingga hotel-hotel di sekitar sini penuh dengan peserta yang berkompetisi. Usaha jual beli tangkringan, kandang, kain penutup juga menggerakkan perekonomian," imbuhnya.

Anies menyebut ekonomi mikro bergerak saat kompetisi. Oleh karena itu, Ia mencanangkan agar menyelenggarakan kompetisi lebih banyak lagi.

"Jadi ini adalah ekonomi mikro yang bergerak ketika ada kompetisi. Nantinya secara bertahap kita selenggarakan kompetisi burung lebih banyak lagi. Sehingga harapannya bagi yang memiliki minat bisa ikut bertanding dan belajar. Karena kompetisi bukan semata-mata menang kalah tapi melatih burung, membangun jejaring, saling belajar, cerita pengalaman. Ini adalah tempat memperkuat interaksi yang berdampak pada ekonomi," tutur Anies.

Original Source

Topik Menarik