Tanggap Bencana, BPBD Kota Tangerang Gandeng Rumah Sakit Gelar Simulasi Kebakaran

Tanggap Bencana, BPBD Kota Tangerang Gandeng Rumah Sakit Gelar Simulasi Kebakaran

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 3 Agustus 2022 - 01:40
share

TANGERANG Dalam rangka mengedukasi Tenaga Kesehatan untuk menghadapi penanggulangan kebakaran. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang melakukan sosialisasi simulasi kebakaran, bekerjasama dengan Rumah Sakit (RS) Daan Mogot Kesdam Jaya, Kota Tangerang, Selasa (2/8/2022).

Kasie Pencegahan BPBD, Kamaludin menjelaskan pada simulasi kali ini BPBD memaparkan empat klasifikasi kebakaran, cara menanggulangi api awal dengan berbagai cara, serta mengatasi kebocoran yang berasal tabung gas.

Pertama-tama mereka harus mengetahui empat klasifikasi kebakaran, untuk mengetahui penanggulangan apa yang harus mereka lakukan. Selain itu, BPBD juga mempraktekan cara menanggulangi api awal dengan cara tradisional menggunakan karung goni dan cara modern menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), jelasnya.

Kamaludin juga berpesan untuk masyarakat Kota Tangerang jika ingin melakukan sosialisasi simulasi ini bisa langsung datang dan bersurat ke BPBD Kota Tangerang.

Kita tidak membatasi untuk sosialisasi simulasi ini. Saya rasa sangat perlu agar masyarakat tidak panik dan mengetahui langkah-langkah awal jika terjadi kebakaran.

Sementara itu, Koordinator Penyelenggaraan Pelatihan Pemadaman Kebakaran RS Daan Mogot, drg. Adi Widyandini mengungkapkan sosialiasi simulasi ini juga tidak hanya untuk mengedukasi Nakes maupun Non Nakes, tapi juga dalam rangka menghadapi akreditasi RS dari Kementerian Kesehatan.

Karena Rumah Sakit juga perlu mendapatkan akreditasi dari Kementerian Kesehatan, salah satunya dengan prosedur keselamatan, alat pemadam yang memadai seperti memiliki APAR dan Nakes yang sudah teredukasi dalam menangani jika terjadinya kebakaran, tutupnya.

(Ril/Red)

Topik Menarik