Kemenkes Canangkan Penggunaan Robot Bedah, Apa Keunggulannya?

Kemenkes Canangkan Penggunaan Robot Bedah, Apa Keunggulannya?

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 1 Juli 2022 - 11:06
share

SISTEM dan alat medis di Indonesia memang terus diperbaiki, baik dari sisi administrasi maupun perangkat yang ada di dalamnya. Oleh karena itu peralatan medis di Indonesia pun sudah tidak tertinggal dibandingkan dengan negara lain.

Salah satu peralatan medis yang tengah disiapkan oleh kementerian kesehatan adalah robotik bedah. Nantinya, robot bedah ini akan disebarkan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Ketahanan Industri Obat dan Alat Kesehatan Prof. dr. Laksono Trisnantoro. Mengatakan operasi bedah robotik jarak jauh atau robotic telesurgery memberikan banyak manfaat.

Robot Bedah

"Ada berbagai cara untuk meratakan pelayanan kesehatan. Jadi penggunaan robotic telesurgery ini adalah salah satu cara yang Kementerian Kesehatan coba lakukan, kata dr Laksono dalam laman resmi Kemenkes, Jumat (1/7/2022)

Dalam pelaksanaannya, bedah robotik jarak jauh dikendalikan secara remote, posisi dokter bedah sangat ergonomis dan tidak melelahkan. Gerakan instrumen robotik sangat fleksibel, terdapat 7 arah derajat kebebasan gerak.

Sementara, keuntungan dari telesurgery ini, dokter bedah tidak perlu datang ke daerah terpencil, daerah bencana, atau daerah konflik untuk melakukan pembedahan kompleks yang tidak dapat dilakukan oleh dokter bedah di daerah tersebut.

Topik Menarik