4 Konflik Antar-Bangsa yang Berhasil Didamaikan Indonesia, Termasuk Vietnam vs Kamboja

4 Konflik Antar-Bangsa yang Berhasil Didamaikan Indonesia, Termasuk Vietnam vs Kamboja

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 29 Juni 2022 - 16:09
share

JAKARTA - Indonesia dikenal sebagai negara yang pro aktif menciptakan perdamaian dunia . Indonesia telah berhasil memperdamaikan beberapa negara yang telah terlibat konflik antar negara lain.

Peran dan kontribusi Indonesia yang telah menciptakan perdamaian dunia memiliki sejarah panjang yang pasti menjaga misi perdamaian sedunia merupakan amanat dari pembukaan undang-undang dasar Republik Indonesia tahun 1945 alinea keempat.

Adapun beberapa negara yang telah berhasil berdamai karena Indonesia. Berikut catatannya, seperti dikutip dari Koran Sindo :

1. Konflik Filipina dengan Bangsa Moro

Perdamaian di Filipina berawal pada awal periode 1980-an, saat Presiden Ferdinand Marcos berusaha mencari dukungan dari negara-negara Timur Tengah dan Indonesia untuk menyelesaikan konflik dengan Bangsa Moro di Mindanau.

Saat itu Moro ingin merdeka dan memisahkan diri dari Filipina. Marcos bertemu dengan Soeharto di Jakarta, meminta penyelesaian soal Moro agar tetap menjadi bagian Filipina. Soeharto menerima permintaan Marcos. Indonesia setuju untuk mendamaikan konflik dengan syarat Bangsa Moro tetap menjadi bagian dari Filipina.

Langkah perdamaian ini diteruskan oleh pengganti Marcos, Presiden Corazon Aquino. Pada 1989, disepakati otonomi daerah istimewa untuk kawasan Muslim Mindanau. Namun hal itu tak lantas membuat konflik selesai. Akhirnya perjanjian damai bisa diteken antara kedua pihak tahun 1996.

2. Konflik Kamboja dengan Vietnam

Pada 1988 sampai 1989, Indonesia pernah menjadi tuan rumah Jakarta Informal Meeting (JIM) untuk menyelesaikan konflik antara Kamboja dan Vietnam.

Pada saat itu Indonesia berhasil memfasilitasi dan melakukan mediasi kedua negara yang sedang bermusuhan untuk bisa duduk bersama-sama mendiskusikan dan menyelesaikan konflik di antara mereka. Hasilnya, Vietnam menarik pasukannya dari Kamboja dan situasi damai di Kamboja tercipta.

Topik Menarik