Berkaca dari Pandemi, Kemendagri Minta Badan Litbang Daerah Persiapkan Prosedur Darurat

Berkaca dari Pandemi, Kemendagri Minta Badan Litbang Daerah Persiapkan Prosedur Darurat

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 25 Juni 2022 - 12:44
share

JAKARTA Badan penelitian dan pengembangan (litbang) daerah Kemendagri menyusun program kerja dengan berpatokan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dengan menelaah RPJMD, litbang daerah dapat menyusun rencana penelitian mereka.

Sangat banyak sekali persoalan yang memerlukan penelitian. Ya, kita harus memilih, mana yang penting, mana yang kurang penting. Mana yang mendesak, mana yang kurang mendesak. Ini menjadi tolak ukurnya, ujar Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri, Eko Prasetyanto, Sabtu (25/6/2022).

Menurutnya, dalam pilihan tersebut, program yang telah disusun dalam RPJMD menjadi hal yang utama. Skala prioritas kita, kita mesti ingat, telah ditetapkan dalam RPJMD, RKP (Rencana Kerja Pemerintah) berdasarkan anggaran yang ada. Ini mesti kita pahami dengan persepsi yang sama, ujar Eko.

Eko mengingatkan badan litbang daerah untuk mempersiapkan diri dalam kondisi yang darurat. Ia mengambil pelajaran dari penyebaran pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

Dua tahun lalu orang tidak ada yang menduga adanya Covid-19. Bapak Menteri Dalam Negeri memerintahkan, segera Badan Litbang Kemendagri untuk melakukan penelitian tentang immunity bersama Kementerian Kesehatan. Kita sama-sama tidak menduga sebelumnya, cerita Eko.

Topik Menarik