Zionis Israel Gali Terowongan di Bawah Yerusalem, Masjid Al-Aqsa Terancam Roboh

Zionis Israel Gali Terowongan di Bawah Yerusalem, Masjid Al-Aqsa Terancam Roboh

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 25 Juni 2022 - 08:24
share

YERUSALEM Israel terus mengusir penduduk Palestina dari kampung halaman. Mereka bahkan menghancurkan masjid-masjid dan tempat-tempat bersejarah Islam. Aktivitas di Masjid Al Aqsa juga sangat dibatasi.

Selain itu, penggalian besar-besaran terus berlangsung di bawah tanah Masjid Al Aqsa, dengan dalih mencari jejak haikal Sulaiman.

Pejabat di Masjid Al-Aqsa , Yerusalem, menyuarakan keprihatinan mendalam atas pekerjaan penggalian Israel di situs suci tersebut. Menurut pejabat itu, proyek penggalian Israel menyebabkan retakan dan kerusakan lain pada struktur bangunan masjid.

Direktur Jenderal Departemen Wakaf Islam dan Urusan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Azzam Al-Khatib memperingatkan masjid itu bisa dalam bahaya runtuh jika penggalian berlanjut dengan intensitas seperti saat ini.

Sumber-sumber teknis di Wakaf Islam mengatakan kepada Arab News dikutip, Sabtu (25/6/2022) bahwa satu komite insinyur dan ahli yang berafiliasi dengan departemen telah dibentuk untuk melihat apa yang terjadi dan melaporkan kembali kepada para pejabat.

Israel telah melakukan penggalian di bawah situs tersuci ketiga Islam selama beberapa pekan yang menurut para pejabat telah menyebabkan retakan muncul dan batu-batu copot dari dinding dan langit-langit.

Ada penggalian yang berbahaya dan tidak diketahui, dan tidak ada yang tahu apa itu dan apa tujuannya. Kami melihat penghapusan sejumlah besar debu dan mendengar suara peralatan menggali dan pecahnya batu, ujar Azzam Al-Khatib.

Getaran menyebabkan jatuhnya beberapa batu dari langit-langit masjid di ruang sholat selatan, sambungnya.

Dia meminta polisi Israel mengizinkan insinyur dan teknisi khusus dari departemen untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi dan apa yang terjadi, dan selama sepeka, pihanya telah berbicara dengan polisi Israel tentang penggalian yang berlangsung siang dan malam. Namun mereka mengabaikan permintaan tersebut.

Topik Menarik