Prancis Larang Penggunaan Kata 'Esports' hingga 'Streamer', Kenapa?

Prancis Larang Penggunaan Kata 'Esports' hingga 'Streamer', Kenapa?

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 3 Juni 2022 - 20:15
share

Pemerintah Prancis resmi membuat aturan terkait larangan penggunaan frase berbahasa Inggris yang populer di kalangan gamers.

Dua istilah kata yang tak akan lagi gamers temukan istilah gaming seperti \'streamer\', \'esports\' , hingga \'pro-gamer\' di negaranya.

Untuk menanggulanginya, pemerintah Prancis akan mengimbau warganya untuk mulai menggunakan kata joueur professionnel untuk pro-gamer dan streamer yang menjad i joueur-animateur en direct , sebagaimana melansir Engadget Jumat (3/6/2022).

Bukan hanya itu saja, namun istilah lain seperti cloud-gaming juga akan dilarang penggunaannya dan diubah menjadi j eu video en nuage, serta joueur-animateur en direct untuk live player-host.

Aturan tersebut diketahui diputuskan oleh Menteri Budaya di Prancis dengan alasan istilah-istilah gaming tersebut menciptakan \'pembatas\' bagi orang yang tak memainkan game sama sekali.

Untuk saat ini aturan tersebut masih hanya berlaku untuk instansi pemerintah saja, namun diprediksi jika aturan ini ke depannya bakal mempengaruhi outlet media hingga masyarakat Prancis secara keseluruhan.

Penulis: Safira Meidina

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik