Konstruksi Jalan dan Gedung Perkantoran IKN Nusantara Mulai Dibangun Semester II 2022

Konstruksi Jalan dan Gedung Perkantoran IKN Nusantara Mulai Dibangun Semester II 2022

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 29 Mei 2022 - 22:55
share

JAKARTA, iNews.id - Konstruksi jalan dan gedung perkantoran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan mulai dibangun pada semester II 2022. Untuk tahap awal, pembangunan difokuskan pada jalan akses logistik, kemudian menyusul gedung perkantoran.

Menurut Ketua Tim Komunikasi IKN, Sidik Pramono, pembangunan IKN Nusantara, dimulai dari proyek konstruksi jalan dan gedung perkantoran, disesuaikan dengan target Presiden Joko Widodo bahwa sudah ada aktivitas yang dilakukan di sana, minimal saat upacara seremonial peringatan HUT Kemerdekaan RI, pada 17 Agustus 2022.

Insyaallah semester II (pembangunan IKN) sudah mulai, jadi pembangunan perkantoran terus jalan logistik terutama untuk akses logistik khsusnya dikawasan KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan), ujar Sidik kepada MNC Portal, Minggu (29/5/2022).

Dia menjelaskan, hingga saat ini belum ada detail pembangunan IKN Nusantara karena masih menunggu proses sayembara tender yang belum selesai.

Terkait dengan prosesn pembangunan konstruksi jalan dan perkantoran, lanjutnya, Otoritas IKN Nusantaran akan melakukan proses pengadaan barang.

Dia mengungkapkan, IKN Nusantara bakal menggunakan 1 bendungan terlebih dahulu hingga 2030, yaitu bendungan Sepaku Semoi, dari rencana membangun 3 bendungan untuk suplai air baku ke IKN Nusantara.

Sampai 2030 ada tiga bendungan yang bakal dibangun di IKN Nusantara, pertama itu sepaku semoi, kalau sampe 2030 itu masih cukup untuk menyuplai air baku ke IKN Nusantara kata Sidik.

Saat ini, BUMN maupun swasta tengah berkontestasi untuk memperebutkan tender proyek pembangunan IKN Nusantara. Melalui APBN, pemerintah menyiapkan dana setidaknya sekitar Rp66 triliun untuk tahun ini. Sedangkan untuk tahun depan, bakal dianggarkan kembali di tahun ini.

Secara terpisah, Direktur Operasi III Waskita Karya Tbk, Gunadi, menyebut dalam pembangunan IKN Nusantara semua BUMN Karya akan dilibatkan, yang saat ini juga tengah melakukan \'beauty contest\' desain mana yang paling bagus.

Kalau apbn dari informasi yang saya terima itu di tahuun 2022 Rp66 T kemudian tahun berikutnya ada alokasi, tutur Gunadi.

Topik Menarik