Mungkinkah Anies Baswedan dan Prabowo Pecah Kongsi di Pilpres 2024?

Mungkinkah Anies Baswedan dan Prabowo Pecah Kongsi di Pilpres 2024?

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 26 Mei 2022 - 19:02
share

JAKARTA Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan dua tokoh yang digadang-gadang bakal maju ke Pilpres 2024. Nama Anies Baswedan dan Prabowo Subianto juga sering masuk bursa kandidat Pilpres 2024 di sejumlah lembaga survei.

Di sisi lain, Prabowo Subianto dan Partai Gerindra punya peran besar mengantarkan Anies Baswedan sebagai gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2017. Lalu, apakah Prabowo dan Anies Baswedan akan pecah kongsi di Pilpres 2024?

Pak Anies memiliki utang politik kepada Pak Prabowo, yaitu ketika dibantu Pak Prabowo untuk maju Pilkada DKI pada 2017. Kemungkinan mereka akan pecah kongsi dalam Pilpres 2024, ujar Pengamat Politik sekaligus Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam, Kamis (26/5/2022).

Dia menilai dalam situasi semacam ini, boleh jadi publik akan menganggap Anies "kacang yang lupa akan kulitnya". Pasalnya, Prabowo dan Gerindra punya peran besar mengantarkan Anies ke kursi DKI 1.

"Tapi semua kembali ke Anies apakah akan melawan atau kemudian akan mendukung Prabowo, imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa manuver Anies untuk ikut dalam bursa pilpres telah terlihat saat ini. Selain memang secara elektabilitas masuk dalam radar elektabilitas tiga besar.

Kendati demikian, beban politik Anies pada Prabowo yang berperan besar membantunya menjadi gubernur DKI Jakarta ini tentu akan mengganjalnya.

"Bagaimana tidak? Anies dulu berada dalam kubu lawan Prabowo di Pilpres 2014 dan kemudian menjadi menteri Pak Jokowi. Kemudian Anies dicopot dari jabatannya di Kabinet Jokowi. Prabowo dan Gerindra kemudian memberinya tiket maju di Pilgub Jakarta dan menang. Dan bisa jadi juga Anies mendapat bantuan logistik yang besar, pungkasnya.

(rca)

Topik Menarik