Loading...
Loading…
Mengapa Negara Perlu Memiliki Alat Perlengkapan Keamanan? Simak Penjelasannya Ini

Mengapa Negara Perlu Memiliki Alat Perlengkapan Keamanan? Simak Penjelasannya Ini

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Okezone | Rabu, 25 Mei 2022 - 06:19

JAKARTA - Mengapa negara perlu memiliki alat perlengkapan keamanan? Mungkin ini adalah pertanyaan yang terkadang muncul di benak kita.

Menarik ke sejarah Indonesia, terbentuknya Alat Kelengkapan Keamanan Negara (BKR, TKR, dan TNI) memiliki perjalanan yang panjang sejak masa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 1945.

Mengutip dari Buguruku.com, berawal dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada tanggal 22 Agustus 1947 oleh pemerintah dan bukan angkatan perang.

Pembuatan BKR bertujuan untuk menghindari permusuhan dengan sekutu. Tugas BKR hanya menjaga keamanan dan anggotanya terdiri dari mantan pasukan PETA, Heiho, dan Laskar Rakyat.

Kebijakan pemeerintah tersebut mendapat reaksi dari para pemuda dengan membentuk Laskar Rakyat, seperti Angkatan Pemuda Indonesia (API), Angkatan Muda Republik Indonesia (AMRI) dan Barisan Pemberontak Republik Indonesia (BPRI).

Berlanjut ke momen kedatangan NICA yag bermaksud untuk menjajah kembali Negara Indonesia, yang langsung mendapatkan reaksi dari para pejuang Indonesia agar pemerintah segera membentuk Tentara Nasional.

Maka tanggal 5 Oktober 1945, pemerintah RI membentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945 yang dipimpin oleh Supriyadi.

Original Source

Topik Menarik

{