WHO Beri Peringatan Bahwa Covid-19 di Korea Utara Bisa Menyebar Sangat Cepat

WHO Beri Peringatan Bahwa Covid-19 di Korea Utara Bisa Menyebar Sangat Cepat

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 16 Mei 2022 - 21:36
share

KOREA UTARA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan bahwa Covid-19 dapat menyebar dengan cepat di Korea Utara terlebih program vaksinasi belum dimulai, Senin (16/5/2022)

"Dengan negara yang belum memprakarsai vaksinasi Covid-19, ada risiko virus dapat menyebar dengan cepat di antara massa kecuali dibatasi dengan tidnajan segera dan tepat," kata Poonam Khetrapal Singh, Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara dalam sebuah pernyataan dikutip dari Korea Times.

Dalam pernyataan yang sama, WHO mengatakan belum menerima informasi tentang wabah yang dilaporkan langsung dari otoritas setempat.

Diketahui, situasi di Korea Utara telah berubah dari buruk menjadi lebih buruk sejak negara tertutup itu mengonfirmasi kasus resmi pertama BA.2 varian Omicron pada 12 Mei 2022 yang lalu.

Negara itu menambahkan 392.920 kasus demam baru pada hari Minggu, dengan delapan kematian baru.

Jumlah keseluruhan kasus dugaan virus Corona sekarang mencapai 1.213.550 dengan 50 kematian, menurut markas besar pencegahan epidemi darurat Korea Utara.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengeluarkan perintah untuk memobilisasi sumber daya militer untuk menstabilkan pasokan obat-obatan, tiga hari setelah menyatakan penerapan sistem pencegahan darurat maksimun.

Kim dilaporkan mengkritik pejabat sektor kesehatan masyarakat bahwa obat-obatan yangn dibeli oleh negara tidak menjangkau orang-orang secara tepat waktu dan akurat.

Topik Menarik