Jenderal Andika Perkasa ke Sulteng, Bahas Penumpasan Teroris MIT Poso

Jenderal Andika Perkasa ke Sulteng, Bahas Penumpasan Teroris MIT Poso

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 16 Mei 2022 - 09:36
share

PALU, iNews.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa rapat terbatas bersama Pemprov Sulawesi Tengah (Sulteng) di Kantor Gubernur Sulteng, di Palu, Kamis (12/5/2022). Rapat tersebut membahas isu-isu sentral yang salah satu fokusnya penumpasan teroris Mujahidin Indonesia Timur atau MIT Poso.

Komandan Komando Resor Militer (Korem) 132/Tadulako, Brigadir Jenderal TNI Toto Nurwanto mengatakan, setelah bertemu dengan gubernur, Panglima TNI melanjutkan pertemuan dengan Kapolda Sulteng Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Hari ini ke Gubernur. Selesai rapat di sini, kami akan pertemuan dengan Kepala Polda Sulawesi Tengah dan hasilnya akan kami sampaikan besok, kata Brigjen Toto Nurwanto, di Palu.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengatakan, salah satu yang menjadi agenda pembahasan bersama Panglima TNI yakni soal keamanan dan ketertiban di wilayah setempat. Fokusnya pada pelaksanaan Operasi Madago Raya untuk penumpasan kelompok teroris MIT Poso.

Harapan kami Operasi Madago Raya dapat menumpas gerakan yang mengatasnamakan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, ujar Mastura.

Dia menegaskan, terkait dengan anjuran perjalanan pemerintah Amerika Serikat terhadap warganya tidak perlu untuk dibesar-besarkan. Situasi dan kondisi Sulteng saat ini terbilang sangat kondusif.

Menurut dia, hal itu tercermin dari sejumlah agenda besar yang akan berlangsung di provinsi ini dalam waktu dekat, di antaranya Festival Danau Poso yang akan bersifat nasional.

Dia meyakini TNI-Polri segera menuntaskan persoalan keamanan yang selama ini dianggap menghambat perkembangan ekonomi daerah.

Karena di sana (Poso) tersisa tinggal satu orang juga. Kita tunggu beberapa hari ini kabar dari operasi ini pasti selesai, katanya.

Jenderal Andika Perkasa tiba di Palu sekira pukul 14.00 WITA menggunakan pesawat transport VIP TNI AU di Bandara Mutiara SIS Aldjufri, Palu. Dalam kunjungan kali ini, dia menggelar rapat terbatas dengan Mastura, kemudian akan melanjutkan pertemuan internal bersama Polda Sulteng.

Selanjutnya, Jumat (13/5/2022), Panglima TNI akan melihat lebih dekat pos komando taktis Satuan Tugas Operasi Madago Raya di Kabupaten Poso.

Topik Menarik