Korban Hepatitis Bertambah Jadi 7 Orang, Ini Gejala yang Timbul Sebelum Meninggal

Korban Hepatitis Bertambah Jadi 7 Orang, Ini Gejala yang Timbul Sebelum Meninggal

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 12 Mei 2022 - 14:06
share

KORBAN hepatitis misterius kembali bertambah satu orang. Kini, ada 7 orang anak meninggal dunia yang diduga karena hepatitis misterius.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pasien anak ke-7 tersebut diketahui berasal dari Kalimantan Timur. Dalam paparannya, Siti Nadia menjelaskan kondisi terakhir pasien sebelum dinyatakan meninggal dunia.

Menurutnya, gejala khas hepatitis misterius yang muncul di pasien dikenali dari warna kulitnya. "Kulit pasien kuning dengan urin berwarna kuning tua," papar Siti Nadia saat dihubungi MNC Portal, Kamis (12/5/2022).

Data yang diterima Kemenkes menjelaskan bahwa pasien ke-7 yang meninggal dunia diduga hepatitis misterius ini berusia 7 tahun.

Sebelumnya, Kemenkes menjelaskan bahwa ada 7 kasus meninggal dunia diduga hepatitis misterius. Ke-7 kasus tersebut berada di beberapa wilayah di Indonesia. Ada empat kasus di DKI Jakarta, 1 kasus di Tulungagung, Jawa Timur, 1 kasus di Solok, Sumatera Barat, dan 1 kasus di Kalimantan Timur.

Sementara itu, 1 kasus yang dilaporkan di Medan hingga saat ini belum bisa dipastikan karena hepatitis misterius, karena status kesehatannya dilaporkan \'suspek hepatitis akut\'.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan, bahwa ada 15 kasus hepatitis akut di Indonesia pada Senin (9/5). Ke-15 kasus tersebut, ditemukan di DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Barat. Kenaikan angka ini, dihitung setelah Kemenkes meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan terakhir.

Topik Menarik