Loading...
Loading…
Ancaman Hepatitis Misterius pada Anak-anak, Ini 5 Jenis Hepatitis yang Perlu Diwaspadai

Ancaman Hepatitis Misterius pada Anak-anak, Ini 5 Jenis Hepatitis yang Perlu Diwaspadai

Gaya Hidup | indozone.id | Selasa, 10 Mei 2022 - 16:30

Wabah hepatitis akut yang penyebabnya masih belum diketahui atau misterius sudah menyebar keberbagai negara termasuk Indonesia.

Menurut laporan dari Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, saat ini suspek hepatitis akut di Indonesia sudah berjumlah 15 kasus. Itu artinya, kita harus berhati-hati agar wabah ini tidak menjadi seperti pandemi COVID-19.

"Sampai sekarang di Indonesia ada 15 kasus (suspek). Di dunia paling besar di Inggris 115 kasus, Italia, Spanyol dan Amerika Serikat," kata Budi Gunadi saat menyampaikan keterangan pers secara virtual, Senin sore (9/5/2022).

Sebelum hepatitis misterius ini muncul di sejumlah negara, hepatitis atau peradangan hati karena virus terdiri atas lima jenis yang satu dan lainnya tidak saling berhubungan.

Dilansir Antara , berikut ini lima jenis hepatitis yang harus kamu ketahui: 1. Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A, penularan hepatitis jenis ini ialah dari makanan atau minuman yang tercemar, sanitasi buruk, kebersihan diri rendah.

Sementara gejala jenis hepatitis ini ialah ditandai dengan demam, mual serta muntah. Untuk mencegah dari hepatitis ini orang-orang diminta menerapkan hidup bersih dan sehat. 2. Hepatitis B

Baca Juga :
Masyakarat Diminta Waspadai Gejala Hepatitis Akut, Tetap Jaga Prokes

Jenis hepatitis ini disebabkan oleh virus hepatitis B, di mana penularannya melalui persalinan, transfusi darah serta transplantasi organ.

Untuk gejala dari jenis hepatitis ini ialah lesu, demam serta nyeri abdomen. Imunisasi dan menghindari risiko penularan merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terinfeksi. 3. Hepatitis C

Jenis hepatitis C disebabkan oleh virus hepatitis C, kanker hati dan sirosis. Penularannya dari darah dan cairan tubuh, jarum suntik serta transplantasi organ.

Gejalanya ditandai dengan tidak nafsu makan serta warna urine gelap. Agar tidak terinfeksi kamu harus menghindari faktor risiko penularannya. 4. Hepatitis D

Jenis ini disebabkan oleh virus hepatitis D melalui virus hepatitis B. Umumnya jenis ini ditularkan dari transfusi darah, transplantasi organ dan jarum suntik.

Gejala dari jenis hepatitis ini sendiri ditandai dengan nyeri sendi, mual dan muntah. Untuk mencegah terinfeksi hepatitis jenis ini kamu harus imunisasi hepatitis B. 5. Hepatitis E

Jenis ini disebabkan oleh virus hepatitis E, di mana penularannya dari pencemaran makanan/minuman, sanitasi yang buruk dan kebersihan diri yang rendah.

Baca Juga :
Hepatitis Misterius Jadi Pandemi Sangat Tipis, Ini Penjelasan Kemenkes

Gejala dari jenis hepatitis E ditandai dengan mual dan muntah serta pembengkakan hati, untuk mencegahnya disarankan untuk menerapkan hidup bersih dan sehat. Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{