Terlihat Seperti Ubur-ubur Luar Angkasa, Ilmuwan Ungkap Objek Misterius Melesat di Langit

Terlihat Seperti Ubur-ubur Luar Angkasa, Ilmuwan Ungkap Objek Misterius Melesat di Langit

Gaya Hidup | indozone.id | Minggu, 8 Mei 2022 - 14:30
share

Pada dini hari Kamis (5 Mei), sebuah kamera di Waycross, Georgia menyaksikan sebuah objek misterius melesat di langit.

Cerah, cepat, dan diikutiaura lonjong yang bersinar, objek itu tampak seperti ubur-ubur luar angkasa, seperti yang diungkapkan Chris Combs, profesor aerodinamika dan teknik mesin di University of Texas di San Antonio di twitter.

Tentu saja, seperti yang ditunjukkan Combs, ubur-ubur luar angkasa ini bukanlah UFO itu adalah roket SpaceX Falcon 9 yang diluncurkan dari Kennedy Space Center Florida, kira-kira 250 mil (400 kilometer) selatan kamera seperti yang dilaporkan Live Science.

Lusinan roket meninggalkan landasan peluncuran di Kennedy setiap tahun, tetapi hanya sedikit dari mereka yang bisa disalahartikan sebagai invertebrata bioluminescent di langit. Jadi, apa yang terjadi di sini?

Menurut Combs, ini adalah kombinasi fisika dan waktu yang tepat.

Sebagai permulaan, "tubuh" ubur-ubur yang panjang dan gemuk hanyalah knalpot yang meninggalkan nosel mesin roket Falcon 9, tulis Combs.

Alasan knalpot bisa menjadi berbentuk bulat seperti itu karena berkaitandengan perbedaan tekanan di dalam dan di luar nosel.

Dalam hal ini, gas buang yang keluar dari nosel "diperbesar" artinya tekanan gas lebih tinggi daripada udara sekitar saat gas buang keluar dari nosel mesin.

Untuk mencocokkan tekanan latar belakang sekitar di atmosfer, knalpot roket menurunkan tekanannya sendiri dengan mengembang segera setelah meninggalkan nosel, menurut Combs.

"Dalam knalpot yang kurang berkembang, Anda mendapatkan kipas ekspansi di pintu keluar nosel untuk mengurangi tekanan dan mencocokkan latar belakang. Hasilnya: ubur-ubur, di ketinggian tinggi," cuit Combs.

Itu menjelaskan gumpalan. Tapi bagaimana dengan pancarannya?

SPACE JELLYFISH

From todays SpaceX launch. Beautiful pic.twitter.com/98mzIGHDOm

Chris Combs (@DrChrisCombs) May 6, 2022

Ini jauh lebih sederhana untuk dikuadratkan, kata Combs dan itu hanya soal waktu.

Karena peluncuran roket terjadi pada dini hari Kamis pagi (sekitar 05:45 waktu setempat), cahaya dari matahari datang dari atas cakrawala, menerangi asap knalpot, menyebabkannya bersinar terang di langit yang gelap.

Fisika ditambah waktu yang tepat sama dengan ubur-ubur luar angkasa. Persamaan sederhana untuk tontonan di ketinggian.

Tentu saja, jika Anda ingin melihat ubur-ubur luar angkasa yang sebenarnya, Anda hanya perlu melihat sedikit lebih jauh ke luar angkasa tepatnya sekitar 300 juta tahun cahaya lebih jauh.

Itulah seberapa jauh gugusan galaksi Abell 2877; ketika para astronom baru-baru ini melihat objek tersebut dengan teleskop radio, mereka melihat garis hantu ubur-ubur yang berenang melalui ruang yang jauh.

Jeli besar di langit itu juga merupakan hasil dari ledakan gas besar dalam hal ini, letusan besar dari kumpulan lubang hitam purba.

Topik Menarik