4 Cara Ampuh Bikin Kolesterol Tinggi Ambrol, Mau Coba?

4 Cara Ampuh Bikin Kolesterol Tinggi Ambrol, Mau Coba?

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 26 April 2022 - 19:00
share

Kadar kolesterol yang tinggi tentu bisa menjadi penyebab masalah kesehatan yang berbahaya. Kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan komplikasi, seperti penyakit jantung dan stroke.

Untuk itu, para penderita kolesterol tinggi harus mencari cara untuk mengontrol kolesterol agar tetap aman terkendali.

Melansir dari Health Focus , berikut ini cara ampuh mencegah kolesterol tinggi yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Membatasi asupan lemak

Lemak adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kalau kamu memiliki kolesterol tinggi, hindarilah konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Konsumsi makanan penurun kolesterol

Bagi para penderita kolesterol tinggi, sudah seharusnya mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan bergizi seimbang.

Konsumsilah makanan penurun kolesterol, seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan, buah-buahan, minyak zaitu, dan beragam jenis ikan.

Olahraga rutin

Cara ampuh mencegah kolesterol tinggi adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga dipercaya mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Makanya, kamu perlu melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, seperti bersepeda, berenang, jogginng, dan senam aerobik.

Berhenti merokok

Berhenti merokok merupakan cara cepat untuk menurunkan kolesterol. Merokok juga dapat membuat masalah pada dinding pembuluh darah. Makanya, segeralah berhenti merokok demi kesehatanmu.

Nah, itulah beberapa cara ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Mau coba?

Topik Menarik