Tempat Wisata Bakal Diserbu saat Libur Lebaran, Polisi Siap-siap

Tempat Wisata Bakal Diserbu saat Libur Lebaran, Polisi Siap-siap

Gaya Hidup | genpi.co | Sabtu, 16 April 2022 - 21:00
share

GenPI.co Kaltim - Tempat wisata di Kalimantan Timur diprediksi bakal diserbu pengunjung pada H-1 hingga H+7 Lebaran atau Idul Fitri 2022.

Untuk itu, polisi akan menyiagakan personilnya di tempat-tempat yang berpotensi ramai seperti mall dan tempat wisata.

Biasanya H-1 hingga H+7 tempat wisata ini kan ramai pengunjung yang memanfaatkan libur lebaran, ujar Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim, Kombes (Pol) Sonny Irawan, Kamis (14/04/2022).

Dia mengatakan sedikitnya 1.345 personel lintas sektoral dikerahkan Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim guna pengamanan arus mudik dan perayaan lebaran tahun ini di wilayah Kaltim.

Jumlah 1.345 personel ini tidak hanya berasal dari kepolisian, tetapi juga dari TNI, Basarnas, BPBD, Dishub, Jasa Marga dan unsur lain seperti Orari, PMI dan pramuka, kata dia.

Sonny menjelaskan nantinya ribuan personel tersebut akan disebar pada sejumlah pos, baik pos terpadu, pos pelayanan dan pos pengamanan yang ada di wilayah Kaltim.

Untuk wilayah Balikpapan, pos terpadu ada di Bandara Sepinggan, Kariangau dan Pelabuhan Semayang, sebutnya.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Timur melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) untuk sejumlah angkutan umum guna memeriksa keamanan dan kelaikan transportasi dalam rangka persiapan angkutan Lebaran tahun ini.

Ta hanya angkutan darat, ramp check juga dilakukan pada transportasi lain seperti kapal laut, kapal sungai bahkan kapal wisata.

Hal tersebut dilakukan guna menjamin keselamatan para penumpang pada saat mudik lebaran tahun ini.

Kenapa kapal wisata, karena pada libur Idul Fitri kan banyak masyarakat yang berwisata menggunakan kapal seperti kapal susur sungai Mahakam, kata Sembiring.

Simak video menarik berikut:

Topik Menarik