Bisa Turunkan Tekanan Darah Hingga Kolesterol, Ini Sederet Manfaat Kol yang Bikin Kaget!

Bisa Turunkan Tekanan Darah Hingga Kolesterol, Ini Sederet Manfaat Kol yang Bikin Kaget!

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 1 Maret 2022 - 10:00
share

Sayur kol atau kubis pasti sudah enggak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sayur kol ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Utamanya, sayur kol mengandung serat, vitamin, dan mineral seperti kalium. Kol juga tergolongan mengandung tinggi vitamin C.

Selain enak dan mudah diolah, sayur kol rupanya memiliki berbagai manfaat kesehatan yang sayang jika dilewatkan. Sudah tahu belum?

Melansir dari laman Healtline, berikut ini beberapa manfaat kol yang perlu kamu tahu. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Menurunkan tekanan darah

Menurut penelitian, sayur kol dapat membantu menurunkan tekanan darah. Pasalnya, kol menganduung kalium yang fungsinya untuk membantu mengatur tekanan darah dengan menangkal efek natrium dalam tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Kol ungu mengandung senyawa kuat yang disebut anthocyanin, yakni pigmen tumbuhan yang termasuk dalam keluarga flavonoid. Banyak penelitian yang telah menemukan hubungan antara makan makanan yang kaya akan anthocyanin dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Kol mengandungg lebih dari 36 jenis anthocyanin kuat yang berbeda dan itu menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Menurunkan kolesterol

Kol mengandung dua zat yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, yakni serat larut dan sterol tumbuhan.

Selain itu, kol juga mengandung zat yang disebut fitosterol. Zat tersebut mampu mengurangi kolesterol jahat dengan menghalangi penyerapan kolesterol di saluran pencernaan.

Nah, itulah beberapa manfaat sayur kol yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik